Page 381 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 381
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
membentuk kepribadian yang tahan banting, tidak manja dan mau
bekerja keras.
A. Belajar dan Motivasi
Menurut Logan & Ferraro (1978), kapasitas untuk belajar
atau untuk memperbaiki perilaku demi masa depan sebagai hasil
pengalaman yang lalu adalah satu dari sifat-sifat yang
mencengangkan dan membingungkan yang ada pada makhluk
hidup. Namun demikian. pengertian belajar sebagai suatu proses
hipotetis yang diperoleh dari praktek dan tercermin dalam
perubahan kinerja/usaha yang tetap, tampaknya dapat diterima
karena pemahaman orang secara umum memang demikian.
Sementara itu, motivasi didefinisikan sebagai keadaan hipotetis
yang dihasilkan dari keadaan yang tidak menyenangkan atau dari
suatu rangsangan dan tercermin dalam suatu efek sesaat pada
kinerja.
Tampaknya ada beberapa hal yang membedakan belajar
dengan motivasi. Belajar menunjukkan proses-proses yang saling
berhubungan. sedangkan motivasi merefleksikan hal-hal yang
tidak berkaitan. Belajar bergantung pada keadaan, sedang
motivasi tidak bergantung pada keadaan. Belajar adalah proses
yang terjadi secara bertahap, sedangkan mot1vasi dapat berubah
dengan cepatnya. Belajar biasanya permanen. sedangkan
motivasi tidak. Akan tetapi, tentu saja tidak semua ahli psikologi
setuju dengan batasan-batasan di atas. Bahkan Logan & Ferraro
(1978) menyatakan bahwa kedua konsep ini sebetulnya dapat
dilihat sebagai dua hal yang saling berkaitan. Memang
memisahkan keduanya bukanlah perlakuan yang "adil". Dalam
banyak situasi. belajar dan motivasi harus diterima sebagai suatu
interaksi yang dinamis Sebenarnya belajar dan motivasi dapat
dilihat sebagai suatu hubungan sebab-akibat. Slavin ( 1991)
373