Page 380 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 380
Herman, D.:~mpak Sistem Pendidikan Tinggi Jarak ....
ada di PT JJ. Tidak ada hal/lingkungan mendesak yang berasal
dari luar diri mahasiswa yang memiliki efek seperti pada PTTM.
Setiap kali bertemu mahasiswanya, dosen di PTTM dapat secara
langsung menanyakan kemajuan yang sudah dicapai. Karena
tatap muka pula, dosen dapat melihat bahasa tubuh mahasiswa
sewaktu berinteraksi. Bahasa tubuh ini juga merupakan informasi
bagi dosen untuk mengetahui kemajuan belajar mahasiswanya.
Respon dari mahasiswa merupakan masukan yang dapat
digunakan dosen untuk mengetahui kemajuan belajar mahasiswa.
Dari informasi tni, dosen memberikan masukan kepada
mahasiswa.
Pad a PT JJ hal-hal seperti yang diuraikan di atas tidak
sepenuhnya dapat terjadi. Kesempatan tutor di dalam kegiatan
tutorial untuk memperhatikan mahasiswanya satu per satu
tidaklah sebanyak kesempatan yang dimiliki dosen tatap muka.
Selain frekuensi kegiatan yang lebih sedikit, tutorial tidak semata-
mata didesain untuk kegiatan mengajar. Tutorial hanya akan
efektif bila mahasiswa aktif bertanya atau berdiskusi dengan pata
tutor. Karena itu, mahasiswa PT JJ harus melakukan penilaian
atas kemajuan belajar masing-masing. Seperti yang dituntut pada
bahan ajar tertulis, setelah melakukan kegiatan belajar tertentu,
mahasiswa harus menjawab tes formatif Hasil tes ini merupakan
indikator keberhasilan mahasiswa dalam mempelajari kegiatan
belajar tersebut.
Kemauan dan kemampuan belajar mandiri sangat
bergantung pada tingkat kedewasaan/kepribadian seseorang.
Menurut Hurlock (1980) keberhasilan seseorang dalam mengatasi
masalah hidup di masa dewasanya mempunyai pengaruh
terhadap konsep dirinya. Melalui kehidupan seperti itulah
kepribadian seseorang terbentuk. Orang yang kuat
kepribadiannya tentu terbentuk dari banyak masalah-masalah
yang mampu diatasinya. Perjuangan keras seseorang akan
372