Page 375 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 375

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



       dapat  dilihat  pada  kasus  di  FISIP  UT,  terjadi  peningkatan
       keaktifan  tutor  dalam  tutorial  online.  Jika  pada  semester  2002.2
       jumlah tutor yang  tidak aktif sebesar 25.5%,  maka pada semester
       2003.1  jumlah  tutor  yang  tidak  aktif  menurun  menjadi  10%
       (Santosa  & Darmayanti,  2003).  Hal  tersebut terjadi  karena  pada
       semester  2003.1  UT  sebagai  institusi  menambah  fasilitas
       komputer bagi tutor.  Dukungan fasilitas dari institusi menunjukkan
       konsistensi peran institusi terhadap pelaksanaan tutorial online.
              Beberapa  strategi  diusulkan  oleh  Robinson  (2001)  untuk
       mempercepat  pemanfaatan  teknologi  interaktif.  Strategi-strategi
       yang  diusulkan  tersebut  mungkin  dapat  menjadi  pertimbangan
       bagi  institusi  pendidikan  jarak  jauh  untuk  meningkatkan  peran
       tutor  pada  tutorial  online.  Strategi  yang  diusulkan  adalah  sebagai
       berikut.
       •   Menargetkan  dukungan  dari  pimpinan  senior  dan  pimpinan
           institusi.
       •   Membentuk  persepsi  individual  melalui  pemberian  informasi
           dan fakta-fakta yang  memberi nilai tambah  atau  menguntung-
           kan.
       •   Memberikan insentif kepada pemakai yang termasuk pemula.
       •   Membuat  teknologi  tersebut  agar  dapat  digunakan  untuk
           kepentingan  pekerjaan  dan  sebagai alat untuk melaksanakan
           kerja.
       •   Mencari  orang-orang  yang  terampil  dalam  menggunakan
           teknologi  untuk  kepentingan  mereka,  sehingga  dapat
           memberikan contoh penggunaan inovasi pada kondisi nyata.


       D.  Simpulan
              Belajar-e  merupakan  bentuk  inovasi  media  pada
       pendidikan  tinggi  jarak  jauh.  Penerapan  belajar-e  dalam  proses
       pembelajaran  di  UT dikenal  dengan  nama  tutorial  elektronik  atau



                                                               367
   370   371   372   373   374   375   376   377   378   379   380