Page 375 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 375
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
dapat dilihat pada kasus di FISIP UT, terjadi peningkatan
keaktifan tutor dalam tutorial online. Jika pada semester 2002.2
jumlah tutor yang tidak aktif sebesar 25.5%, maka pada semester
2003.1 jumlah tutor yang tidak aktif menurun menjadi 10%
(Santosa & Darmayanti, 2003). Hal tersebut terjadi karena pada
semester 2003.1 UT sebagai institusi menambah fasilitas
komputer bagi tutor. Dukungan fasilitas dari institusi menunjukkan
konsistensi peran institusi terhadap pelaksanaan tutorial online.
Beberapa strategi diusulkan oleh Robinson (2001) untuk
mempercepat pemanfaatan teknologi interaktif. Strategi-strategi
yang diusulkan tersebut mungkin dapat menjadi pertimbangan
bagi institusi pendidikan jarak jauh untuk meningkatkan peran
tutor pada tutorial online. Strategi yang diusulkan adalah sebagai
berikut.
• Menargetkan dukungan dari pimpinan senior dan pimpinan
institusi.
• Membentuk persepsi individual melalui pemberian informasi
dan fakta-fakta yang memberi nilai tambah atau menguntung-
kan.
• Memberikan insentif kepada pemakai yang termasuk pemula.
• Membuat teknologi tersebut agar dapat digunakan untuk
kepentingan pekerjaan dan sebagai alat untuk melaksanakan
kerja.
• Mencari orang-orang yang terampil dalam menggunakan
teknologi untuk kepentingan mereka, sehingga dapat
memberikan contoh penggunaan inovasi pada kondisi nyata.
D. Simpulan
Belajar-e merupakan bentuk inovasi media pada
pendidikan tinggi jarak jauh. Penerapan belajar-e dalam proses
pembelajaran di UT dikenal dengan nama tutorial elektronik atau
367