Page 373 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 373
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
Penjelasan pada tabel 1 menunjukkan bahwa secara
umum tugas tutor tidak jauh berbeda antara tutorial tatap muka
dan tutorial online. Perbedaan muncul pada butir kelima yaitu
jika pada tutorial tatap muka tutor hanya hadir pada saat
pertemuan (yaitu 8 kali pertemuan), maka pada tutorial online
justru tutor harus membuka situs setiap hari. lni berarti setiap hari
tutor harus siap berinteraksi dengan mahasiswa melalui situs
tutorial online.
2. Dampak Perbedaan Deskripsi Kerja Tutor
Perbedaan kecil pada satu butir yaitu butir kelima tersebut
memberikan dampak yang besar bagi aktivitas tutor di fakultas.
Konsekuensi perbedaan bentuk tutorial online membuat tutor di
fakultas harus siaga setiap hari untuk melakukan aktivitas tutorial
online dan membiasakan diri untuk membuka situs yang
diasuhnya setiap hari sekitar 30 menit; jika tidak ada respon dari
mahasiswa, mungkin waktu yang dibutuhkan tutor untuk aktivitas
tutorial online kurang dari 30 menit; jika tutor harus memberi
tanggapan terhadap respon mahasiswa, memasukkan inisiasi dan
melakukan kegiatan lain yang berhubungan dengan tutorial
online, maka waktu yang dibutuhkan dapat melebihi waktu
minimal 30 menit per hari. Contoh dari kegiatan lain adalah
memeriksa keaktifan mahasiswa dan menghapus data
mahasiswa yang bermasalah, misalnya memperbaiki materi
tutorial online, dan sebagainya. Waktu yang dibutuhkan oleh tutor
akan semakin banyak jika mahasiswa yang mengikuti kegiatan
tutorial online semakin banyak
Kebiasaan baru yang tampaknya sederhana ini bukanlah
kebiasaan yang dapat diubah dalam satu hari. Tuntutan
kebiasaan baru tersebut akan memunculkan pola perilaku yang
berbeda dengan pola perilaku memberi tutorial secara tatap
365