Page 369 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 369
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
yang cepat tersebut. Pada tahun 1999 (Soleiman, 1999) tutel
yang ditawarkan kepada mahasiswa menggunakan daftar alamat.
Pada akhir tahun 2002, daftar alamat ditinggalkan dan diganti
dengan penggunaan Manhattan Virtual Classroom (MVC) yang
lebih lengkap dan efisien. Pada bulan September 2002, tutorial
elektronik yang menggunakan program aplikasi MVC
disosialisasikan dengan sebutan "tutorial online".
Perubahan program aplikasi untuk kepentingan tutel
tersebut menuntut perubahan aktivitas tutor. Sebagai akibatnya,
tutor yang pernah memperoleh pelatihan untuk menggunakan
mailinglist pada tahun 1999 harus mengikuti pelatihan yang
bertujuan untuk memberikan keterampilan teknis bagi tutor dalam
penggunaan program MVC pada tahun 2002. Deskripsi kerja
tutor menjadi berubah dengan cepat. Perubahan yang cepat
tersebut terjadi tidak hanya dari tutor pada tutorial tatap muka
menjadi bertambah aktivitasnya sebagai tutor pada tutorial online,
tapi juga tutor pada tutorial online yang menggunakan daftar
alamat menjadi tutor pada tutorial online yang menggunakan
program MVC. Walaupun UT telah menyusun panduan
pengelolaan tutorial online bagi tutor yang diharapkan dapat
membantu tutor untuk lebih memahami deskripsi kerja tutor pada
tutorial online, perubahan tersebut tampaknya perlu dicermati
karena keterampilan baru yang diperoleh tutor bukan merupakan
akhir dari suatu pengembangan. Memperoleh sesuatu hal yang
baru seperti keterampilan baru justru sering menimbulkan
masalah yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya (Robinson,
2001 ).
Salah satu masalah inovasi pada PJJ adalah mengubah
konsep pembelajaran tradisional (tatap muka) atau tutorial tatap
muka ke bentuk tutorial bermedia Menurut Rogers (dalam
Lockwood & Gooley, 2001 ), keyakinan guru tentang pengajaran
secara tradisional atau tatap muka ke bentuk pembelajaran
361