Page 369 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 369

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



       yang  cepat  tersebut.  Pada  tahun  1999  (Soleiman,  1999)  tutel
       yang ditawarkan kepada mahasiswa menggunakan daftar alamat.
        Pada  akhir  tahun  2002,  daftar  alamat  ditinggalkan  dan  diganti
       dengan  penggunaan  Manhattan  Virtual  Classroom  (MVC)  yang
       lebih  lengkap  dan  efisien.  Pada  bulan  September  2002,  tutorial
       elektronik   yang   menggunakan    program    aplikasi   MVC
       disosialisasikan dengan sebutan "tutorial online".
               Perubahan  program  aplikasi  untuk  kepentingan  tutel
       tersebut  menuntut  perubahan  aktivitas  tutor.  Sebagai  akibatnya,
       tutor  yang  pernah  memperoleh  pelatihan  untuk  menggunakan
       mailinglist  pada  tahun  1999  harus  mengikuti  pelatihan  yang
       bertujuan untuk memberikan keterampilan  teknis  bagi  tutor dalam
       penggunaan  program  MVC  pada  tahun  2002.  Deskripsi  kerja
       tutor  menjadi  berubah  dengan  cepat.  Perubahan  yang  cepat
       tersebut  terjadi  tidak  hanya  dari  tutor  pada  tutorial  tatap  muka
       menjadi bertambah aktivitasnya sebagai tutor pada tutorial online,
       tapi  juga  tutor  pada  tutorial  online  yang  menggunakan  daftar
       alamat  menjadi  tutor  pada  tutorial  online  yang  menggunakan
       program  MVC.  Walaupun       UT  telah  menyusun  panduan
       pengelolaan  tutorial  online  bagi  tutor  yang  diharapkan  dapat
       membantu  tutor untuk lebih  memahami deskripsi  kerja  tutor pada
       tutorial  online,  perubahan  tersebut  tampaknya  perlu  dicermati
       karena  keterampilan  baru  yang  diperoleh  tutor bukan  merupakan
       akhir  dari  suatu  pengembangan.  Memperoleh  sesuatu  hal  yang
       baru  seperti   keterampilan  baru  justru  sering  menimbulkan
       masalah  yang  tidak  dapat  diperkirakan  sebelumnya  (Robinson,
       2001 ).
               Salah  satu  masalah  inovasi  pada  PJJ  adalah  mengubah
       konsep  pembelajaran  tradisional  (tatap  muka)  atau  tutorial  tatap
       muka  ke  bentuk  tutorial  bermedia  Menurut  Rogers  (dalam
       Lockwood  &  Gooley,  2001 ),  keyakinan  guru  tentang  pengajaran
       secara  tradisional  atau  tatap  muka  ke  bentuk  pembelajaran



                                                               361
   364   365   366   367   368   369   370   371   372   373   374