Page 371 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 371
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
akan merespon jika mahasiswa mengirim surat-e kepada tutor.
Seharusnya tutor aktif bahkan cenderung bersikap proaktif dalam
proses tutorial elektronik ini Tutorial elektronik yang dilaksanakan
di awal tahun 1999 di UT berjalan kurang lancar. Sebagai contoh,
hal ini ditunjukkan pada Laporan Aktivitas Tutorial Elektronik dari
Fakultas llmu Sosial dan llmu Politik (FISIP) UT pada tahun 2002
(Darmayanti, 2002) yang menunjukkan masalah antara lain: 1)
ketidakaktifan tutor; 2) masalah teknis komputer; 3) kurangnya
fasilitas komputer; 4) masalah teknis pengelolaan di fakultas; 5)
masalah dari mahasiswa; dan 6) pemilihan mata kuliah yang
kurang tepat.
Sikap tutor yang cenderung reaktif pada tutorial elektronik
di UT tersebut menunjukkan bagaimana tutor masih kurang
memahami deskripsi kerjanya dan belum dapat menerima peran
baru sebagai tutor untuk tutorial elektronik yang berbeda dengan
tutorial tatap muka
1. Perbedaan Deskripsi Kerja Tutor
Pada tulisan ini, penulis mencoba untuk membandingkan
deskripsi kerja tutor pada tutorial tatap muka dengan deskripsi
kerja tutor pad a tutorial elektronik atau tutorial online .
Tabel 1
Perbandingan Deskripsi Kerja Tutor
Tatap muka Online
Jadwal • 8 kali pertemuan • 8 minggu
tutorial • penentuan jadwal • penentuan Jadwal dilakukan
berdasarkan kesepakatan oleh tutor namun dapat
tutor dengan mahasiswa pula dibuat kesepakatan
antara institusi dengan
tutor.
363