Page 370 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 370
Darmayanti, Dampak lnovasi Tutorial Elektronik ....
semacam belajar-e sulit diubah. Padahal, keyakinan guru
merupakan faktor yang mendasar untuk suatu inovasi dalam
pembelajaran.
Masalah inovasi pada PJJ yang diidentifikasi oleh
Robinson (2001) adalah tentang kemampuan sumber daya
manusia, yaitu staf yang kurang memiliki kemampuan tentang
PJJ dan menolong dirinya. Lebih jauh ia mengemukakan bahwa
pengembangan staf terlalu jarang dilakukan dan .. terlalu terlambat
untuk hal-hal yang bersifat kritis, diikuti pula dengan dana
pengembangan yang terbatas. Robinson menambahkan bahwa
perubahan yang terjadi pada PJJ memunculkan perubahan
keterampilan dan keahlian individual, peran, deskripsi kerja, dan
kreativitas pada keterampilan baru tersebut.
Tahap pengembangan yang mungkin paling sulit
dilakukan dan hasilnya sulit diidentifikasi adalah tahap mengubah
persepsi staf akademik terhadap perubahan peran mereka
sebagai tutor yang sebelumnya memberikan tutorial melalui tatap
muka menjadi tutorial melalui medium elektronik (Darmayanti,
2002) Perubahan peran tersebut bukanlah hal yang mudah
dilakukan, walaupun tutor telah mendapat pelatihan keterampilan
teknis Errington (2001) dalam artikelnya yang berjudul "The
influence of teacher beliefs on flexible learning innovation in
traditional university settings" mengungkapkan bahwa seringkali
lokakarya penggunaan komputer sering dilakukan dengan
melibatkan tutor yang mengikuti pelatihan komputer pada
laboratorium komputer yang jauh berbeda dari kondisi kerja
mereka. Kondisi tersebut menurut Toohey (dalam Errington,
2001) merupakan "suatu pendekatan keterampilan teknologi"
yang sering gagal mengubah konsep tutor terhadap penggunaan
internet dalam bidang akademik.
Sebagai contoh, pada awal pelaksanaan tutorial
elektronik di UT, tutor cenderung bersikap reaktif dalam arti baru
362