Page 370 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 370

Darmayanti,  Dampak lnovasi  Tutorial  Elektronik ....


          semacam  belajar-e  sulit  diubah.  Padahal,  keyakinan  guru
          merupakan  faktor  yang  mendasar  untuk  suatu  inovasi  dalam
          pembelajaran.
                 Masalah  inovasi  pada  PJJ  yang  diidentifikasi  oleh
          Robinson  (2001)  adalah  tentang  kemampuan  sumber  daya
          manusia,  yaitu  staf  yang  kurang  memiliki  kemampuan  tentang
          PJJ  dan  menolong  dirinya.  Lebih  jauh  ia  mengemukakan  bahwa
          pengembangan  staf terlalu  jarang  dilakukan dan  .. terlalu  terlambat
          untuk  hal-hal  yang  bersifat  kritis,  diikuti  pula  dengan  dana
          pengembangan  yang  terbatas.  Robinson  menambahkan  bahwa
          perubahan  yang  terjadi  pada  PJJ  memunculkan  perubahan
          keterampilan  dan  keahlian  individual,  peran,  deskripsi  kerja,  dan
          kreativitas pada keterampilan baru tersebut.
                 Tahap  pengembangan  yang  mungkin  paling  sulit
         dilakukan dan  hasilnya  sulit diidentifikasi adalah  tahap mengubah
          persepsi  staf  akademik  terhadap  perubahan  peran  mereka
         sebagai  tutor yang  sebelumnya  memberikan  tutorial  melalui tatap
          muka  menjadi  tutorial  melalui  medium  elektronik  (Darmayanti,
         2002)  Perubahan  peran  tersebut  bukanlah  hal  yang  mudah
         dilakukan,  walaupun  tutor telah  mendapat pelatihan  keterampilan
         teknis  Errington  (2001)  dalam  artikelnya  yang  berjudul  "The
         influence  of  teacher  beliefs  on  flexible  learning  innovation  in
         traditional  university  settings"  mengungkapkan  bahwa  seringkali
         lokakarya  penggunaan  komputer  sering  dilakukan  dengan
         melibatkan  tutor  yang  mengikuti  pelatihan  komputer  pada
         laboratorium  komputer  yang  jauh  berbeda  dari  kondisi  kerja
         mereka.  Kondisi  tersebut  menurut  Toohey  (dalam  Errington,
         2001)  merupakan  "suatu  pendekatan  keterampilan  teknologi"
         yang  sering  gagal  mengubah  konsep  tutor terhadap  penggunaan
         internet dalam bidang akademik.
                 Sebagai  contoh,   pada   awal   pelaksanaan   tutorial
         elektronik  di  UT,  tutor cenderung  bersikap  reaktif dalam  arti  baru



         362
   365   366   367   368   369   370   371   372   373   374   375