Page 368 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 368

Dannayanti,  Dampak lnovasi  Tutorial Elektronik ....



                  Berbagai  kendala  masih  menghalangi  pencapaian  usaha
           yang  maksimal  karena  tidak  mudah  mengubah  konsep  tentang
           tutor  pada  pendidikan  tatap  muka  menjadi  tutor  pada  pendidikan
           jarak jauh.  Kendala  tidak hanya muncul  pada tutor tapi juga  pada
           mahasiswa    yang    merupakan    pengguna    tutorial   yang
           diselenggarakan  oleh  UT.  Konsep  tutorial  tatap  muka  masih
           merupakan konsep yang  dikenal oleh  sebagian besar mahasiswa.
           Tidak  mudah  mengubah  konsep  tersebut  pada  diri  mahasiswa,
           sehingga  bentuk  tutorial  lain  selain  tutorial  tatap  muka  masih
           belum  banyak  diminati  oleh  mahasiswa.  Selain  itu,  munculnya
           perubahan  teknologi  yang  begitu  pesat tampaknya  menimbulkan
           berbagai kendala yang  akan dibahas berikut


           C.  Tutor pada Tutorial Elektronik

                  Tutorial  elektronik  di  Universitas  Terbuka  dibedakan
           menjadi  tutorial  berbantuan  media  audio-video  seperti  radio  atau
           televisi  dan  tutorial  berbantuan  komputer.  Tutorial  berbantuan
           komputer  pun  dibedakan  menjadi  PBK  dan  tutorial  berbantuan
           jaringan  internet   Tutorial  berbantuan  jaringan  internet  di  UT
           dikenal  dengan  nama  "tutel"  yang  merupakan  singkatan  dari
           "tutorial elektronik".  Tutel merupakan istilah  yang digunakan di  UT
           dan  merupakan  penerapan  belajar-e  (belajar-elektronik)  untuk
           kepentingan  tutorial.  lstilah  tutel  mulai  digunakan  pada  tahun
           1999  pada  saat  mulai  ditawarkan  kepada  mahasiswa  (Soleiman,
           1999)  Untuk  selanjutnya,  istilah tutel  atau  tutorial  elektronik pada
           artikel ini mengacu pada tutorial berbantuan jaringan internet
                  Internet  memiliki  karakteristik  utama,  yaitu  menjembatani
           komunikasi antara  berbagai pihak yang  bebas dari  kendala ruang
           dan  waktu  (Purbo  dalam  Anggoro,  1999).   Perkembangan
           teknologi  internet di  dunia  begitu  pesat sehingga  aplikasi  internet
           untuk  kepentingan  tutorial  di  UT  terpaksa  mengikuti  perubahan



           360
   363   364   365   366   367   368   369   370   371   372   373