Page 368 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 368
Dannayanti, Dampak lnovasi Tutorial Elektronik ....
Berbagai kendala masih menghalangi pencapaian usaha
yang maksimal karena tidak mudah mengubah konsep tentang
tutor pada pendidikan tatap muka menjadi tutor pada pendidikan
jarak jauh. Kendala tidak hanya muncul pada tutor tapi juga pada
mahasiswa yang merupakan pengguna tutorial yang
diselenggarakan oleh UT. Konsep tutorial tatap muka masih
merupakan konsep yang dikenal oleh sebagian besar mahasiswa.
Tidak mudah mengubah konsep tersebut pada diri mahasiswa,
sehingga bentuk tutorial lain selain tutorial tatap muka masih
belum banyak diminati oleh mahasiswa. Selain itu, munculnya
perubahan teknologi yang begitu pesat tampaknya menimbulkan
berbagai kendala yang akan dibahas berikut
C. Tutor pada Tutorial Elektronik
Tutorial elektronik di Universitas Terbuka dibedakan
menjadi tutorial berbantuan media audio-video seperti radio atau
televisi dan tutorial berbantuan komputer. Tutorial berbantuan
komputer pun dibedakan menjadi PBK dan tutorial berbantuan
jaringan internet Tutorial berbantuan jaringan internet di UT
dikenal dengan nama "tutel" yang merupakan singkatan dari
"tutorial elektronik". Tutel merupakan istilah yang digunakan di UT
dan merupakan penerapan belajar-e (belajar-elektronik) untuk
kepentingan tutorial. lstilah tutel mulai digunakan pada tahun
1999 pada saat mulai ditawarkan kepada mahasiswa (Soleiman,
1999) Untuk selanjutnya, istilah tutel atau tutorial elektronik pada
artikel ini mengacu pada tutorial berbantuan jaringan internet
Internet memiliki karakteristik utama, yaitu menjembatani
komunikasi antara berbagai pihak yang bebas dari kendala ruang
dan waktu (Purbo dalam Anggoro, 1999). Perkembangan
teknologi internet di dunia begitu pesat sehingga aplikasi internet
untuk kepentingan tutorial di UT terpaksa mengikuti perubahan
360