Page 366 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 366
Darmayanti, Dampak lnovasi Tutorial Elektronik ....
adanya berbagai bentuk tutorial, semestinya kegiatan dan peran
tutor pada masing-masing bentuk tutorial tersebut juga berbeda
satu sama lain sesuai dengan bentuk tutorialnya.
Pelaksanaan tutorial tatap muka sangat berbeda dengan
pelaksanaan tutorial melalui radio atau tutorial tertulis.
Pelaksanaan tutorial bermedia pun menunjukkan perbedaan satu
media dengan media yang lain. Untuk tutorial radio misalnya, tutor
dapat membuat naskah yang sifatnya naskah lengkap namun
dapat pula menulis naskah yang bersifat naskah ringkas, yaitu
naskah yang hanya menulis butir-butir penting yang akan
didiskusikan. Bahkan, tutorial berbantuan komputer dapat
dibedakan menjadi dua bentuk, misalnya: PBK dan komputer
berbasis jaringan Internet Aktivitas tutor pada kedua bentuk
tutorial berbantuan komputer terse but berbeda satu sam a lain.
Peran tutor pada PBK cenderung lebih pasif setelah produk PBK
selesai dibuat. Aktivitas tutor pada PBK cenderung tinggi pada
saat perancangan produk namun setelah produk selesai dibuat
maka peran tutor menjadi pasif Sementara pada tutorial berbasis
Jaringan internet, peran tutor tetap diharapkan aktif sampai tutorial
selesai diadakan. Pada tutorial berbasis jaringan internet,
interaksi dapat terjadi sepanjang waktu sampai waktu
pelaksanaan tutorial berakh1r.
Perbedaan aktivitas tutor pada berbagai bentuk tutorial
sepert1 yang dikemukakan tersebut menunjukkan aktivitas tutor
yang sangat bervariasi sesuai dengan bentuk tutorialnya.
Perbedaan aktivitas tutor tersebut tentunya menuntut pula
berbagai keterampilan yang perlu dikuasai tutor sesuai dengan
bentuk tutorial yang dilakukannya. Keterampilan tutor untuk
tutorial tatap muka tentunya akan sangat berbeda dengan
keterampilan yang diperlukan oleh tutor pada tutorial tertulis.
Tutor pada tutorial tatap muka dapat mengandalkan
kemampuannya berkomunikasi secara tatap muka dengan
358