Page 366 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 366

Darmayanti,  Dampak  lnovasi Tutorial Elektronik ....



          adanya  berbagai  bentuk  tutorial,  semestinya  kegiatan  dan  peran
          tutor  pada  masing-masing  bentuk  tutorial  tersebut  juga  berbeda
          satu sama lain sesuai dengan bentuk tutorialnya.
                  Pelaksanaan  tutorial  tatap  muka  sangat berbeda dengan
          pelaksanaan   tutorial   melalui   radio   atau   tutorial   tertulis.
          Pelaksanaan  tutorial  bermedia  pun  menunjukkan  perbedaan  satu
          media dengan media yang  lain.  Untuk tutorial radio misalnya, tutor
          dapat  membuat  naskah  yang  sifatnya  naskah  lengkap  namun
          dapat  pula  menulis  naskah  yang  bersifat  naskah  ringkas,  yaitu
          naskah  yang  hanya  menulis  butir-butir  penting  yang  akan
          didiskusikan.  Bahkan,  tutorial  berbantuan  komputer  dapat
          dibedakan  menjadi  dua  bentuk,  misalnya:  PBK  dan  komputer
          berbasis  jaringan  Internet  Aktivitas  tutor  pada  kedua  bentuk
          tutorial  berbantuan  komputer  terse but  berbeda  satu  sam a  lain.
          Peran  tutor  pada  PBK cenderung  lebih  pasif setelah  produk  PBK
          selesai  dibuat.  Aktivitas  tutor  pada  PBK  cenderung  tinggi  pada
          saat  perancangan  produk  namun  setelah  produk  selesai  dibuat
          maka peran  tutor menjadi  pasif  Sementara pada tutorial  berbasis
          Jaringan internet,  peran tutor tetap diharapkan aktif sampai tutorial
          selesai  diadakan.  Pada  tutorial  berbasis  jaringan  internet,
          interaksi   dapat   terjadi   sepanjang   waktu   sampai   waktu
          pelaksanaan tutorial berakh1r.
                  Perbedaan  aktivitas  tutor  pada  berbagai  bentuk  tutorial
          sepert1  yang  dikemukakan  tersebut  menunjukkan  aktivitas  tutor
          yang  sangat  bervariasi  sesuai  dengan  bentuk  tutorialnya.
          Perbedaan  aktivitas  tutor  tersebut  tentunya  menuntut  pula
          berbagai  keterampilan  yang  perlu  dikuasai  tutor  sesuai  dengan
          bentuk  tutorial  yang  dilakukannya.  Keterampilan  tutor  untuk
          tutorial  tatap  muka  tentunya  akan  sangat  berbeda  dengan
          keterampilan  yang  diperlukan  oleh  tutor  pada  tutorial  tertulis.
          Tutor   pada   tutorial   tatap   muka   dapat   mengandalkan
          kemampuannya  berkomunikasi  secara  tatap  muka  dengan


          358
   361   362   363   364   365   366   367   368   369   370   371