Page 365 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 365

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



        dengan  siswa  untuk  mendiskusikan  materi  perkuliahan  yang
        disiapkan  oleh  orang  lain  (pakar  materi  perkuliahan).  Pengertian
        pengajar  yang  dikemukakan  oleh  Moore  dan  Kearsley  tersebut
        adalah  fungsi  pengajar  pada  butir  dua  dan  tiga  sebagai  tutor,
        yaitu:  pengaJar  berbeda  dengan  orang  yang  menulis  materi  ajar
        Tidak semua  pengajar di lingkungan pendidikan jarak jauh terlibat
        dalam  fungsi  pengajar  yang  pertama,  karena  pada  umumnya
        materi  belajar  ditulis  oleh  pakar  dari  luar  institusi.  Keadaan  ini
        berlaku  pula  di  Universitas  Terbuka  (UT)  sebagai  universitas
        pendidikan  jarak jauh  yang  terbesar  di  Indonesia.  Pengajar  atau
        staf  akademik  cenderung  berperan  sebagai  tutor  seperti  yang
        dikemukakan oleh  Moore dan  Kearsley.  Peran  staf akademik UT
        yang berfungsi sebagai tutor inilah yang akan dibahas pada artikel
        ini,  untuk  membedakan  dengan  tutor  yang  berasal  dari  staf
        akademik di luar UT.
               Tutorial  adalah  salah  satu  bentuk  interaksi  antara
        pengajar dan  siswa.  lnteraksi  dan  komunikasi  ini  merupakan  inti
        dari  tutorial  (Wardani,  2000).   Namun  seperti  yang  telah
        dikemukakan  di  awal  tulisan  ini  oleh  Lentell  (2001 ),  artikel
        mengenai  tutorial  pada  PJJ  sangat  sedikit.  Di  Indonesia,  artikel
        tentang  tutorial  pada  pendidikan  jarak jauh  menjadi  lebih  sedikit,
        karena  institusi  yang  menyelenggarakan  pendidikan  jarak jauh  di
        Indonesia  masih  sangat  sedikit.  Lebih  jauh,  Lentell  (2001)
        mengemukakan  bahwa  peserta lokakarya  yang  diadakan olehnya
        menyetujui  bahwa  kegiatan  tutorial  sering  dianggap  "di  bawah
        standar".   Aktivitas  tutor  pada  PT  JJ  sering  dianggap  sebagai
        suatu  aktivitas  yang  "semestinya  sudah  begitu".  Tutor pada  PT JJ
        dianggap  sudah  tahu  pekerjaannya  sebagai  tutor.  Padahal
        aktivitas  tutorial  pada  PT  JJ  dapat  dikelompokkan  menjadi
        beberapa bentuk, yaitu  tutorial tatap muka, tutorial tertulis, tutorial
        radio,  tutorial  berbantuan  komputer  atau  PBK  (Pembelajaran
        Berbantuan  Komputer)  dan  tutorial  melalui  internet  Dengan



                                                                357
   360   361   362   363   364   365   366   367   368   369   370