Page 364 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 364

Dannayanti,  Dampak  lnovasi  Tutorial  Elektronik ....


          pad a  PT JJ.   Padahal,  aktivitas  tutorial  pad a  PT JJ  merupakan
         bantuan  belajar  bagi  mahasiswa  yang  dianggap  merupakan
         bagian  penting dari pembelajaran jarak jauh.
                 Artikel  ini  mencoba  untuk  melihat  dinamika  perubahan
         aktivitas  tutor  pada  PT  JJ,  sebagai  akibat  perkembangan  media
         elektronik,   terutama   tutorial   elektronik.   Dinamika   yang
         didiskusikan pada artikel  ini cenderung  merupakan dinamika yang
         terJadi  di  Universitas  Terbuka  (UT)  sebagai  satu-satunya
         universitas  yang  menggunakan  sistem  pendidikan  jarak  jauh
         modus  tunggal  (pendidikan  tinggi  yang  hanya  menyelenggarakan
         pendidikan jarak jauh)  di  Indonesia.  Pembahasan  pada artikel  ini
         diharapkan  dapat  memberikan  pemahaman  yang  lebih  baik
         tentang dinamika tutor pada pendidikan jarak jauh di  Indonesia.


         A.  Tutor pada Pendidikan Jarak Jauh

                 Proses   pengajaran   pada   pendidikan   jarak   jauh
         membutuhkan  keterampilan  mengajar  yang  berbeda  dengan
         pengajaran  pada  pendidikan  tatap  muka.  Pada  pendidikan
         konvensional  atau  pendidikan  tatap  muka,  pengajar  memberi
         materi  ajar  melalui  presentasi  dan  mengorganisasi  tugas  untuk
         dikerjakan oleh siswanya.  Sedangkan pada pendidikan jarak jauh,
         pengaJar atau stat akademik mempunyai fungsi  berikut
             1.  sebagai ahli  materi atau penulis materi ajar;
             2.  sebagai  orang   yang   menyiapkan  materi  belajar  dan
                 mempresentasikannya melalui berbagai media;
             3.  sebagai   fasilitator   yang   tugas   utamanya   adalah
                 membantu  siswa  untuk  mampu  berinteraksi  dengan
                 materi belajar, tutor,  dan siswa lain.


                 Menurut  Moore  dan  Kearsley  (1996),  pengajar  pada
         pendidikan jarak jauh  disebut juga sebagai  tutor,  dan  berinteraksi



         356
   359   360   361   362   363   364   365   366   367   368   369