Page 364 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 364
Dannayanti, Dampak lnovasi Tutorial Elektronik ....
pad a PT JJ. Padahal, aktivitas tutorial pad a PT JJ merupakan
bantuan belajar bagi mahasiswa yang dianggap merupakan
bagian penting dari pembelajaran jarak jauh.
Artikel ini mencoba untuk melihat dinamika perubahan
aktivitas tutor pada PT JJ, sebagai akibat perkembangan media
elektronik, terutama tutorial elektronik. Dinamika yang
didiskusikan pada artikel ini cenderung merupakan dinamika yang
terJadi di Universitas Terbuka (UT) sebagai satu-satunya
universitas yang menggunakan sistem pendidikan jarak jauh
modus tunggal (pendidikan tinggi yang hanya menyelenggarakan
pendidikan jarak jauh) di Indonesia. Pembahasan pada artikel ini
diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik
tentang dinamika tutor pada pendidikan jarak jauh di Indonesia.
A. Tutor pada Pendidikan Jarak Jauh
Proses pengajaran pada pendidikan jarak jauh
membutuhkan keterampilan mengajar yang berbeda dengan
pengajaran pada pendidikan tatap muka. Pada pendidikan
konvensional atau pendidikan tatap muka, pengajar memberi
materi ajar melalui presentasi dan mengorganisasi tugas untuk
dikerjakan oleh siswanya. Sedangkan pada pendidikan jarak jauh,
pengaJar atau stat akademik mempunyai fungsi berikut
1. sebagai ahli materi atau penulis materi ajar;
2. sebagai orang yang menyiapkan materi belajar dan
mempresentasikannya melalui berbagai media;
3. sebagai fasilitator yang tugas utamanya adalah
membantu siswa untuk mampu berinteraksi dengan
materi belajar, tutor, dan siswa lain.
Menurut Moore dan Kearsley (1996), pengajar pada
pendidikan jarak jauh disebut juga sebagai tutor, dan berinteraksi
356