Page 359 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 359
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
negatif dan nol harus dibuang atau direvisi. Namun, perlu diingat
bahwa seperti halnya tingkat kesukaran, nilai daya beda soal
belum tentu sama untuk kelompok peserta tes yang
kemampuannya berbeda bila diberikan butir soal yang sama.
Untuk proses penilaian, butir-butir soal yang dinilai tidak
baik (misalnya berdaya beda negatif) akan dibuang agar tidak
merugikan mahasiswa. Keputusan untuk membuang butir soal
yang tidak baik dilakukan dengan menelaah substansi butir soal
dengan mempertimbangkan juga hasil analisis butir soal. Dengan
demikian, proses penilaian hanya didasarkan pada butir soal yang
valid saja.
Setelah tes dianalisis, dosen perlu merevisi atau
mengganti soal-soal yang dianggap kurang atau tidak baik.
Dengan demikian, bila tes tersebut akan digunakan kembali untuk
menguji mahasiswa dosen dapat merasa yakin bahwa tes
tersebut merupakan tes yang valid dari segi substansi dan terbukti
cukup efektif digunakan untuk mengukur keberhasilan belaJar
mahasiswa.
3. Pelaporan Nilai
Laporan nilai per semester di UT diberikan dalam bentuk
Daftar Nilai Ujian (DNU). Sedangkan laporan nilai keseluruhan
selama mahasiswa belum lulus disebut Laporan Kemajuan
Akademik mahasiswa (LKAM) DNU dicetak dengan
menggunakan komputer yang dapat dilakukan di kantor UT pusat
maupun di setiap UPBJJ Pencetakan DNU dapat diprogram
untuk setiap UPBJJ, setiap program studi maupun setiap
mahasiswa. Bila diprogram untuk satu UPBJJ, maka DNU untuk
seluruh mahasiswa di UPBJJ tersebut yang mengikuti ujian pada
semester yang bersangkutan akan tercetak. DNU dikirimkan ke
setiap mahasiswa melalui jasa pos. Selain melalui DNU,
351