Page 355 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 355

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



         Kemudian dilakukan proses penilaian terhadap data jawaban hasil
         proses  scanning.  Untuk  ujian  uraian,  pemberian  skor  dilakukan
         oleh  staf akademik  di  fakultas.  Setelah  skor  mahasiswa  diterima
         dari  fakultas,  pusat  pengujian  mengetik  skor ke  dalam  komputer
         Laporan  hasil  ketik  skor  akan  diperiksa  lagi  oleh  fakultas  untuk
         keperluan  verifikasi  nilai.  Setelah  proses  penilaian  (baik  untuk
         UJian  objektif  maupun  ujian  uraian),  sebaran  nilai  huruf  dicetak
         dalam  beberapa  kategori  kelulusan,  yang  disebut  laporan  pra-
         grade.  Fakultas  akan  menentukan  kategori  kelulusan.  Penentuan
         kategori  kelulusan  dilakukan  untuk  seluruh  mahasiswa,  tanpa
         membedakan  status  demografi  mahasiswa.  Dengan  demikian,
         dapat  dikatakan  bahwa  proses  penilaian  mahasiswa  UT  sangat
         terstandar  Proses  selanjutnya  adalah  melakukan  grading  atau
         proses  penilaian  ( dengan  bantuan  komputer)  berdasarkan
         kategori  kelulusan  yang  ditentukan  oleh  fakultas.  Di  UT,  pada
         proses    grading   dilakukan   juga   penggabungan     nilai
         TM/praktik/praktikum/tutorial  dan  nilai  UAS  untuk  penentuan  nilai
         akhir mata kuliah.  Proses penilaian diikuti melalui proses verifikasi
         nilai,  untuk  memastikan  bahwa  tidak  ada  kesalahan  penilaian,
         kemudian  dilakukan  proses  transfer  nilai  ke  UPBJJ  dan  ke
         internet yang  merupakan akhir dari proses pengolahan hasil ujian


         b.  Ana/isis Soal
                 Sebelum penentuan  nilai,  UT melakukan kegiatan analisis
         butir  soal  terhadap  jawaban  mahasiswa  yang  menempuh  ujian
         mata kuliah  yang  menggunakan tipe tes  objektif.  Hal  ini dilakukan
         untuk mengevaluasi efektivitas butir-butir soal  yang  menyusun tes
         tersebut.  Kegiatan  ini dilakukan  setelah  data jawaban  mahasiswa
         diberi  skor  Prosedur  ini  perlu  dilakukan  untuk  mendapatkan
         informasi  statistik  sebagai  bahan  untuk  mengevaluasi  fungsi
         setiap butir soal dalam tes.




                                                                 347
   350   351   352   353   354   355   356   357   358   359   360