Page 353 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 353
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
mengulang kembali kegiatan belajar maupun modul terkait. Bila
nilai yang diperoleh mahasiswa sudah mencapai 80% atau lebih,
mahasiswa dapat mempelajari materi modul berikutnya.
Apabila mahasiswa mempelajari bahan ajar secara
teratur dan bertahap sesuai urutan modul, selalu mengerjakan tes
formatif, dan mengulang materi yang belum dikuasai seperti yang
disarankan, dapat dikatakan bahwa mahasiswa tersebut telah
mempelajari bahan ajar secara tuntas. Dengan demikian,
seharusnya mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam
mempersiapkan diri menempuh UAS.
2. Proses Penilaian
Pemrosesan hasil ujian PAP untuk peserta tes yang
banyak, mencapai ribuan, dilakukan dengan menggunakan
komputer. Penggunaan komputer dalam proses penilaian akan
memberikan hasil yang lebih akurat dengan lebih cepat dan
ekonomis Proses penilaian untuk ujian objektif dilakukan dengan
menggunakan komputer. Untuk itu, diperlukan mesin pembaca
lembar jawaban UJian (scanner) dan LJU, yang khusus didesain
untuk mesin pembaca LJU tersebut. Peserta ujian menjawab UJian
dengan cara menghitamkan huruf-huruf atau kode-kode yang
tersedia dalam LJU dengan menggunakan pensil khusus. (28)
Setelah mesin scanner membaca LJU, komputer dapat diprogram
untuk melakukan penilaian dan melakukan konversi menjadi nilai
huruf (grading). Untuk ujian uraian, pemberian skor dilakukan
secara manual dan skor yang diperoleh kemudian diketik ke
dalam komputer, selanjutnya dilakukan proses penilaian dan
pemberian nilai huruf secara terkomputerisasi seperti halnya pada
ujian objektif. Bila jumlah peserta ujian banyak, dimungkinkan
pemeriksaan ujian uraian dilakukkan secara terkomputerisasi,
mengingat sudah tersedia berbagai perangkat lunak yang dapat
345