Page 351 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 351
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
pendekatan Penilaian Acuan Norma (PAN) dan pendekatan
Penilaian Acuan Patokan (PAP).
Pendekatan untuk melakukan penilaian terhadap hasil
belajar yang didasarkan pada perbandingan kemampuan seorang
mahasiswa terhadap mahasiswa lain yang mengikuti tes yang
sama adalah pendekatan penilaian yang didasarkan pada acuan
norma. Artinya, pemberian nilai mengacu kepada perolehan nilai
kelompok. Bila mahasiswa yang mengikuti tes banyak sekali,
hingga mencapai ratusan jumlahnya, maka perlu digunakan
statistik sederhana untuk menentukan besarnya skor rata-rata
peserta tes (mean) dan simpangan bakunya (standard
deviation=SD) Penggunaan nilai mean dan SO akan memberikan
informasi bagaimana posisi kemampuan seorang mahasiswa
dalam kelompoknya, dimulai dari yang terpandai, pandai, sedang,
kurang, dan sangat kurang (bodoh).
Penilaian terhadap hasil belajar mahasiswa yang
mengacu pada kriteria yang dibakukan, disebut penilaian yang
menggunakan PAP. Untuk dapat menentukan kelulusan
mahasiswa, terlebih dahulu harus ditentukan sejumlah patokan
atau Kriteria ~ang mengacu paoa Tujuan Pembelajaran Umum
dan Tujuan Pembelajaran Khusus yang akan menjadi dasar
penentuan kelulusan. Bila seorang mahasiswa telah memenuhi
kriteria yang telah ditentukan, maka ia dapat dinyatakan lulus atau
dianggap telah menguasai bahan yang diujikan. Keberhasilan
mahasiswa dalam proses pembelajaran ditentukan oleh tingkat
penguasaan tujuan pembelajaran. Artinya, nilai atau kelulusan
seorang mahasiswa ditentukan oleh penguasaannya atas tujuan
pembelajaran.
Penilaian dengan pendekatan PAP digunakan dalam
sistem belajar tuntas. Pada sistem belajar tuntas, semua tujuan
pembelajaran, baik yang penting atau pun yang tidak penting,
yang mudah maupun yang sukar, harus dikuasai mahasiswa.
343