Page 351 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 351

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



        pendekatan  Penilaian  Acuan  Norma  (PAN)  dan  pendekatan
        Penilaian Acuan  Patokan (PAP).
                Pendekatan  untuk  melakukan  penilaian  terhadap  hasil
        belajar yang  didasarkan pada  perbandingan kemampuan seorang
        mahasiswa  terhadap  mahasiswa  lain  yang  mengikuti  tes  yang
        sama  adalah  pendekatan  penilaian  yang  didasarkan  pada  acuan
        norma.  Artinya,  pemberian  nilai  mengacu  kepada  perolehan  nilai
        kelompok.  Bila  mahasiswa  yang  mengikuti  tes  banyak  sekali,
        hingga  mencapai  ratusan  jumlahnya,  maka  perlu  digunakan
        statistik  sederhana  untuk  menentukan  besarnya  skor  rata-rata
        peserta   tes   (mean)   dan   simpangan   bakunya   (standard
        deviation=SD)  Penggunaan nilai mean dan  SO akan memberikan
        informasi  bagaimana  posisi  kemampuan  seorang  mahasiswa
        dalam kelompoknya,  dimulai dari yang  terpandai,  pandai,  sedang,
        kurang,  dan sangat kurang (bodoh).
                Penilaian  terhadap  hasil  belajar  mahasiswa  yang
        mengacu  pada  kriteria  yang  dibakukan,  disebut  penilaian  yang
        menggunakan     PAP.   Untuk   dapat  menentukan   kelulusan
        mahasiswa,  terlebih  dahulu  harus  ditentukan  sejumlah  patokan
        atau  Kriteria  ~ang mengacu  paoa  Tujuan  Pembelajaran  Umum
         dan  Tujuan  Pembelajaran  Khusus  yang  akan  menjadi  dasar
         penentuan  kelulusan.  Bila  seorang  mahasiswa  telah  memenuhi
         kriteria yang telah ditentukan,  maka ia dapat dinyatakan lulus atau
         dianggap  telah  menguasai  bahan  yang  diujikan.  Keberhasilan
         mahasiswa  dalam  proses  pembelajaran  ditentukan  oleh  tingkat
         penguasaan  tujuan  pembelajaran.  Artinya,  nilai  atau  kelulusan
         seorang  mahasiswa  ditentukan  oleh  penguasaannya  atas  tujuan
         pembelajaran.
                Penilaian  dengan  pendekatan  PAP  digunakan  dalam
         sistem  belajar  tuntas.  Pada  sistem  belajar  tuntas,  semua  tujuan
         pembelajaran,  baik  yang  penting  atau  pun  yang  tidak  penting,
         yang  mudah  maupun  yang  sukar,  harus  dikuasai  mahasiswa.



                                                                 343
   346   347   348   349   350   351   352   353   354   355   356