Page 350 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 350
Puspitasari, Evaluasi Hasil Bela jar ....
Penilaian juga berfungsi untuk memacu, mengarahkan,
dan memberikan penghargaan atas usaha mahasiswa dalam
belajar. Setiap mahasiswa berhak mendapatkan umpan balik dari
dosennya untuk setiap tugas yang dikerjakannya. Dengan
demikian, ia dapat mengetahui kesalahannya dalam menjawab
atau mengerjakan tugas, dan sebaliknya dapat mengetahui
apakah jawaban atau tugas yang dikerjakannya sudah benar.
Mengetahui kesalahan dalam belajar dapat memotivasi
mahasiswa untuk belajar lebih keras. Begitu pula informasi
keberhasilan mahasiswa dalam belajar dapat menimbulkan rasa
bangga, yang pada akhirnya akan lebih memacu semangat
belajarnya.
Sistem penilaian pada dasarnya adalah suatu cara untuk
mengkomunikasikan hasil pengukuran belajar mahasiswa. Nilai
yang diberikan harus mempunyai arti yang sama bagi semua
pihak yang menggunakannya, baik bagi dosen, mahasiswa, orang
tua, lembaga pendidikan yang bersangkutan, maupun pihak
pengguna lainnya (misalnya tempat bekerja} Untuk itu, pihak-
pihak yang berkepentingan harus mengetahui pendekatan-
pendekatan yang digunakan dosen dalam melakukan penilaian.
Penilaian yang dilakukan secara asal-asalan, tidak akan
berpengaruh positif terhadap usaha belajar mahasiswa. Penilaian
hasil belajar mahasiswa yang tidak tepat akan merugikan masa
depan mahasiswa karena nilai merupakan dasar pengambilan
keputusan bagi pendidikan dan karir mahasiswa di masa depan.
Oleh karena itu, dosen harus selalu berusaha meningkatkan
validitas dan ketepatan nilai yang diberikan kepada mahasiswa.
1. Pendekatan Penilaian
Terdapat dua pendekatan yang dapat digunakan untuk
melakukan penilaian terhadap hasil belajar mahasiswa, yaitu
342