Page 350 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 350

Puspitasari,  Evaluasi  Hasil  Bela jar ....



                 Penilaian  juga  berfungsi  untuk  memacu,  mengarahkan,
         dan  memberikan  penghargaan  atas  usaha  mahasiswa  dalam
         belajar.  Setiap  mahasiswa berhak mendapatkan  umpan  balik dari
         dosennya  untuk  setiap  tugas  yang  dikerjakannya.  Dengan
         demikian,  ia  dapat  mengetahui  kesalahannya  dalam  menjawab
         atau  mengerjakan  tugas,  dan  sebaliknya  dapat  mengetahui
         apakah  jawaban  atau  tugas  yang  dikerjakannya  sudah  benar.
         Mengetahui   kesalahan   dalam   belajar   dapat   memotivasi
         mahasiswa  untuk  belajar  lebih  keras.  Begitu  pula  informasi
         keberhasilan  mahasiswa  dalam  belajar  dapat  menimbulkan  rasa
         bangga,  yang  pada  akhirnya  akan  lebih  memacu  semangat
         belajarnya.
                Sistem  penilaian  pada  dasarnya  adalah  suatu  cara  untuk
         mengkomunikasikan  hasil  pengukuran  belajar  mahasiswa.  Nilai
         yang  diberikan  harus  mempunyai  arti  yang  sama  bagi  semua
         pihak yang  menggunakannya, baik bagi dosen,  mahasiswa, orang
         tua,  lembaga  pendidikan  yang  bersangkutan,  maupun  pihak
         pengguna  lainnya  (misalnya  tempat  bekerja}  Untuk  itu,  pihak-
         pihak  yang  berkepentingan  harus  mengetahui  pendekatan-
         pendekatan  yang  digunakan  dosen  dalam  melakukan  penilaian.
         Penilaian  yang  dilakukan  secara  asal-asalan,  tidak  akan
         berpengaruh  positif terhadap usaha belajar mahasiswa.  Penilaian
         hasil  belajar  mahasiswa  yang  tidak  tepat  akan  merugikan  masa
         depan  mahasiswa  karena  nilai  merupakan  dasar  pengambilan
         keputusan  bagi  pendidikan  dan  karir  mahasiswa  di  masa  depan.
         Oleh  karena  itu,  dosen  harus  selalu  berusaha  meningkatkan
         validitas dan ketepatan nilai yang diberikan kepada mahasiswa.


         1.  Pendekatan Penilaian
                Terdapat  dua  pendekatan  yang  dapat  digunakan  untuk
         melakukan  penilaian  terhadap  hasil  belajar  mahasiswa,  yaitu



         342
   345   346   347   348   349   350   351   352   353   354   355