Page 349 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 349
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
membangun infrastruktur yang mapan di tempat-tempat ujian,
termasuk penyusunan rambu-rambu pengawasan ujian.
E. Penilaian dan Pelaporan
Penilaian merupakan salah satu kegiatan yang penting
dalam evaluasi hasil belajar mahasiswa. Fungsi penilaian pada
dasarnya ada tiga, yaitu untuk ( 1) mengukur keberhasilan belajar
mahasiswa, (2) mengevaluasi efektivitas mengajar dosen, dan (3)
memberikan umpan balik kepada mahasiswa.
Nilai diperlukan agar mahasiswa mengetahui
keberhasilan belajarnya Oleh karena itu, nilai yang diberikan
harus valid. Nilai haruslah mencerminkan tingkat keberhasilan
yang dicapai mahasiswa. Nilai tertinggi harus diberikan kepada
mahasiswa yang dapat mencapai tingkat penguasaan yang
tertinggi terhadap tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
Sebaran nilai yang diperoleh sekelompok mahasiswa
diharapkan dapat menggambarkan kualitas proses belajar-
mengajar di kelompok tersebut. Pada sistem pendidikan tatap
muka, bila banyak mahasiswa yang tidak lulus suatu mata kuliah,
tercermin bahwa dosen mata kuliah tersebut tidak dapat
menstimulasi proses belajar-mengajar yang baik sehingga tujuan
pembelajaran tidak tercapai. Kemungkinan lain, dosen
menentukan tujuan pembelajaran yang terlalu sulit untuk dicapai
para mahasiswanya. Untuk konteks UT, rendahnya tingkat
kelulusan mata kuliah dapat mencerminkan dua hal. Pertama,
kemampuan dan kesiapan belajar mahasiswa yang mengambil
mata kuliah tersebut belum sesuai untuk mempelajari mata kuliah
yang bersangkutan. Kedua, modul mata kuliah tersebut mungkin
terlalu sulit dipahami, baik materi maupun bahasanya. atau ada
kesalahan materi yang mendasar.
341