Page 349 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 349

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



        membangun  infrastruktur  yang  mapan  di  tempat-tempat  ujian,
        termasuk penyusunan rambu-rambu pengawasan ujian.


        E.  Penilaian dan Pelaporan
                Penilaian  merupakan  salah  satu  kegiatan  yang  penting
        dalam  evaluasi  hasil  belajar  mahasiswa.  Fungsi  penilaian  pada
        dasarnya ada tiga,  yaitu  untuk (  1)  mengukur keberhasilan  belajar
        mahasiswa,  (2)  mengevaluasi efektivitas mengajar dosen,  dan (3)
        memberikan umpan balik kepada mahasiswa.
                Nilai   diperlukan   agar   mahasiswa    mengetahui
        keberhasilan  belajarnya  Oleh  karena  itu,  nilai  yang  diberikan
        harus  valid.  Nilai  haruslah  mencerminkan  tingkat  keberhasilan
        yang  dicapai  mahasiswa.  Nilai  tertinggi  harus  diberikan  kepada
        mahasiswa  yang  dapat  mencapai  tingkat  penguasaan  yang
        tertinggi terhadap tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
                Sebaran  nilai  yang  diperoleh  sekelompok  mahasiswa
        diharapkan  dapat  menggambarkan  kualitas  proses  belajar-
        mengajar  di  kelompok  tersebut.  Pada  sistem  pendidikan  tatap
        muka,  bila  banyak mahasiswa  yang  tidak lulus suatu  mata kuliah,
        tercermin  bahwa  dosen  mata  kuliah  tersebut  tidak  dapat
        menstimulasi  proses  belajar-mengajar yang  baik  sehingga  tujuan
        pembelajaran   tidak   tercapai.   Kemungkinan   lain,   dosen
        menentukan  tujuan  pembelajaran  yang  terlalu  sulit  untuk  dicapai
        para  mahasiswanya.    Untuk  konteks  UT,  rendahnya  tingkat
        kelulusan  mata  kuliah  dapat  mencerminkan  dua  hal.  Pertama,
        kemampuan  dan  kesiapan  belajar  mahasiswa  yang  mengambil
        mata kuliah  tersebut belum  sesuai  untuk mempelajari mata kuliah
        yang  bersangkutan.  Kedua,  modul  mata  kuliah  tersebut  mungkin
        terlalu  sulit  dipahami,  baik  materi  maupun  bahasanya.  atau  ada
        kesalahan materi yang mendasar.





                                                                341
   344   345   346   347   348   349   350   351   352   353   354