Page 344 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 344

Puspitasari,  Evaluasi  Hasil  Bela jar ....


            mahasiswa  pada  pokok  bahasan  tersebut,  tentunya  jumlah
            soal  yang  mewakili  pokok  bahasan  tersebut  harus  lebih
            banyak  dibandingkan  pokok  bahasan  yang  lain.  Jumlah  soal
            untuk  setiap  ranah  kognitif  atau  jenjang  kemampuan,  format
            butir  soal  dan  tingkat  kesukaran  sangat  tergantung  pada
            tujuan pembelajaran yang perlu diujikan.


         f   Distribusi Tingkat Kesukaran
            Penyusun  tes  umumnya  berpendapat  bahwa  tes  yang  baik
            adalah  tes  yang  tingkat  kesukarannya  sedang  (0.50),  yaitu
            terdiri  atas  soal-soal  yang  mudah  (25%),  sedang  (50%),  dan
            sukar  (25%).  Tes  seperti  ini  diharapkan  dapat  membedakan
            antara  siswa  yang  lebih  mampu  dari  siswa  yang  kurang
            mampu     Untuk  kasus  UT  yang  menganut  pendekatan
            penilaian acuan komposisi,  tingkat kesukaran soal tidak harus
            demikian,  karena  tingkat  kesukaran  soal  yang  menyusun  tes
            sangatlah  tergantung  pada  tujuan  pernbelajaran  yang  akan
            diujikan.
            Untuk  mengembangkan  kisi-kisi  yang  mampu  menghasilkan
            soal ujian yang valid (mempunyai validitas isi) diperlukan kerja
            sama  yang  baik  antara  pakar  bidang  ilmu  dan  ahli  evaluasi.
            Sebagian besar dari kisi-kisi ujian  UT ditulis oleh  dosen-dosen
            dari  Perguruan  Tinggi  lain  tetapi  penelaahan  dilakukan  oleh
            stat akademik UT yang  sudah terlatih.


        3.  Pengembangan Soal

                Pengembangan  soal  ujian,  seperti  halnya  kisi-kisi,  terdiri
        atas dua kegiatan,  yaitu  penulisan soal dan penelaahan soal.  Soal
        yang  dianggap  baik  adalah  soal  yang  ditulis  sesuai  kisi-kisi  dan
        mengikuti   rambu-rambu    penulisan   soal   sehingga   dapat
        membedakan      mahasiswa   yang    telah   mencapai   tujuan




        336
   339   340   341   342   343   344   345   346   347   348   349