Page 341 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 341

PENDIDIKAN TINGGI  JARAK JAUH



                  menjelaskan  perbedaan  dan  persamaan  proses belajar
                  mengajar pada sistem pendidikan jarak jauh dan sistem
                  pendidikan konvensional.
             C5  Sintesis  -memadukan  bagian-bagian  atau  komponen-
                  komponen  secara  logis  menjadi  satu  kesatuan  yang
                  terorganisasi,  misalnya  menyusun  suatu  karangan
                  pendek    mengenai    pemanfaatan   media    dalam
                  pembelajaran jarak jauh.
             C6  Evaluasi  -menilai  keadaan,  pernyataan,  dokumen,
                  laporan  ataupun  menentukan  pilihan  yang  terbaik  dari
                  beberapa  alternatif  berdasarkan  kriteria  tertentu,
                  misalnya  menentukan  karya  ilmiah  yang  terbaik  dari
                  beberapa  pilihan  mengenai  pemanfaatan  media  dalam
                  pembelajaran jarak jauh.


         d.  Format Butir Soal

            Pemilihan  format  butir  soal  sangat  tergantung  pada  materi
            mata  kuliah.  Ada  mata  kuliah  yang  lebih  sesuai  diujikan
            dengan  format tes  uraian,  seperti  halnya  mata  kuliah  Writing,
            Menu/is atau  Akuntansi.  Namun,  ada  mata kuliah  yang  dapat
            diujikan  dengan  format  tes  objektif.  Sebagai  pedoman,  ada
            beberapa    faktor   yang   dapat   dipertimbangkan   untuk
            menentukan  bentuk  tes  yang  akan  digunakan,  yaitu  sebagai
            berikut.

            1)  Tujuan tes
                •   Bila  yang  diukur  adalah  kemampuan  mahasiswa
                    dalam  mengingat  suatu  fakta  (menjawab  pertanyaan
                    apa,  siapa,  bilamana,  di  mana)  atau  untuk  mengukur
                    kemampuan  dalam  memahami  pengertian  tentang





                                                                 333
   336   337   338   339   340   341   342   343   344   345   346