Page 341 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 341
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
menjelaskan perbedaan dan persamaan proses belajar
mengajar pada sistem pendidikan jarak jauh dan sistem
pendidikan konvensional.
C5 Sintesis -memadukan bagian-bagian atau komponen-
komponen secara logis menjadi satu kesatuan yang
terorganisasi, misalnya menyusun suatu karangan
pendek mengenai pemanfaatan media dalam
pembelajaran jarak jauh.
C6 Evaluasi -menilai keadaan, pernyataan, dokumen,
laporan ataupun menentukan pilihan yang terbaik dari
beberapa alternatif berdasarkan kriteria tertentu,
misalnya menentukan karya ilmiah yang terbaik dari
beberapa pilihan mengenai pemanfaatan media dalam
pembelajaran jarak jauh.
d. Format Butir Soal
Pemilihan format butir soal sangat tergantung pada materi
mata kuliah. Ada mata kuliah yang lebih sesuai diujikan
dengan format tes uraian, seperti halnya mata kuliah Writing,
Menu/is atau Akuntansi. Namun, ada mata kuliah yang dapat
diujikan dengan format tes objektif. Sebagai pedoman, ada
beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan untuk
menentukan bentuk tes yang akan digunakan, yaitu sebagai
berikut.
1) Tujuan tes
• Bila yang diukur adalah kemampuan mahasiswa
dalam mengingat suatu fakta (menjawab pertanyaan
apa, siapa, bilamana, di mana) atau untuk mengukur
kemampuan dalam memahami pengertian tentang
333