Page 345 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 345
PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH
pembelajaran dan yang belum (Zainul & Nasoetion, 2001 ). Oleh
karena itu, setiap dosen harus mempelajari kisi-kisi dan memiliki
keterampilan menulis soal. UT juga melibatkan dosen dari
Perguruan Tinggi lain dalam menyediakan soal ujian. Sebelum
menulis soal, para dosen tersebut juga harus dibekali dengan
pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan soal jenis
ujian tertentu. Untuk memastikan bahwa materi soal ujian yang
telah ditulis valid dan sudah sesuai dengan rambu-rambu
penulisan soal yang baik, soal tersebut tidak bisa langsung
digunakan, tetapi harus ditelaah terlebih dahulu oleh pakar bidang
ilmu yang lain.
D. Pelaksanaan Ujian
Saat ini dikenal dua macam tes yang umum
dilaksanakan, yaitu ujian tulis dan ujian berbantuan komputer atau
online testing. Meskipun UT melaksanakan ujian lisan untuk mata
kuliah Speaking dan Berbicara, berikut ini hanya akan dibahas
mengenai ujian tulis dan ujian berbantuan komputer.
1. Ujian Tulis
Ujian tulis berkembang karena adanya kebutuhan untuk
menguji sejumlah besar peserta tes dan untuk memproses hasil
tes secara cepat dan efisien. Hal ini menimbulkan perubahan
mendasar dalam cara merancang, melaksanakan dan
memproses tes. Agar tes dapat dilaksanakan secara masal dan
diberi skor secara objektif, para pengembang tes banyak yang
memilih menggunakan tes objektif. khususnya tes pilihan ganda
meskipun ujian tulis sebetulnya dapat diberikan dengan tes uraian
maupun tes objektif. Format tes pilihan ganda ini sangat efisien
karena peserta tes dapat menghitamkan jawaban yang dipilih
337