Page 340 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 340
Puspitasari, Evaluasi Hasil Bela jar ....
Benjamin Bloom pada tahun 1956. Keenam tingkatan
kemampuan tersebut adalah pengetahuan, pemahaman,
aplikas1, analisis, sintesis, dan evaluasi, yang masing-masing
biasa disebut sebagai C1, C2, C3, C4, C5, dan C6 Pada
umumnya, tes hasil belajar lebih ditekankan untuk menguji
kemampuan jenjang kemampuan atau ranah kognitif yang
rendah, yaitu C1, C2, dan C3. Namun, untuk tingkat
perguruan tinggi sebaiknya tes mencakup keenam ranah
kognitif tersebut, meskipun porsi terbesar masih ditekankan
pada C1 sampai C3. Di samping itu, harus diingat bahwa
setiap bidang studi mempunyai penekanan kemampuan yang
berbeda-beda Misalnya, untuk analisis data statistik,
sebagian besar soal akan menguji kemampuan C3 (aplikasi).
Keenam ranah kognitif menurut Bloom tersebut dapat
dijelaskan sebagai berikut
C1 Pengetahuan atau lngatan -mengingat fakta seperti
yang dijelaskan pada modul, misalnya mengingat jenis-
jenis evaluasi hasil belajar
C2 Pemahaman -menerjemahkan, menginterpretasikan,
atau menjelaskan dengan kata-kata sendiri sebuah
konsep dengan cara yang berbeda dengan yang
dijelaskan pada modul, misalnya dapat menjelaskan
pengertian evaluasi dengan kata-kata sendiri
C3 Aplikasi atau Penerapan -memecahkan suatu masalah
dengan menggunakan suatu prinsip yang telah dikenal,
misalnya menghitung daya beda soal dengan
menggunakan rumus yang tidak dicantumkan pada
soal.
C4 Analisis -merinci atau menguraikan suatu bahan atau
hal menjadi bagian-bagian atau komponen-komponen
yang lebih kecil dan mampu memahami hubungan
antarbagian yang satu dengan yang lain, misalnya
332