Page 340 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 340

Puspitasari,  Evaluasi  Hasil  Bela jar ....


             Benjamin  Bloom  pada  tahun  1956.  Keenam  tingkatan
             kemampuan  tersebut  adalah  pengetahuan,  pemahaman,
             aplikas1,  analisis,  sintesis,  dan  evaluasi,  yang  masing-masing
             biasa  disebut  sebagai  C1,  C2,  C3,  C4,  C5,  dan  C6  Pada
             umumnya,  tes  hasil  belajar  lebih  ditekankan  untuk  menguji
             kemampuan  jenjang  kemampuan  atau  ranah  kognitif  yang
             rendah,  yaitu  C1,  C2,  dan  C3.  Namun,  untuk  tingkat
             perguruan  tinggi  sebaiknya  tes  mencakup  keenam  ranah
             kognitif  tersebut,  meskipun  porsi  terbesar  masih  ditekankan
             pada  C1  sampai  C3.  Di  samping  itu,  harus  diingat  bahwa
             setiap bidang  studi  mempunyai penekanan  kemampuan  yang
             berbeda-beda    Misalnya,   untuk  analisis  data  statistik,
             sebagian besar soal akan menguji kemampuan C3 (aplikasi).
             Keenam  ranah  kognitif  menurut  Bloom  tersebut  dapat
             dijelaskan sebagai berikut
             C1    Pengetahuan  atau  lngatan  -mengingat  fakta  seperti
                   yang  dijelaskan  pada  modul,  misalnya mengingat jenis-
                  jenis evaluasi hasil belajar
             C2    Pemahaman  -menerjemahkan,  menginterpretasikan,
                   atau  menjelaskan  dengan  kata-kata  sendiri  sebuah
                   konsep  dengan  cara  yang  berbeda  dengan  yang
                   dijelaskan  pada  modul,  misalnya  dapat  menjelaskan
                   pengertian evaluasi dengan kata-kata sendiri
             C3   Aplikasi atau  Penerapan  -memecahkan  suatu  masalah
                  dengan  menggunakan  suatu  prinsip yang  telah  dikenal,
                   misalnya   menghitung   daya   beda   soal   dengan
                  menggunakan  rumus  yang  tidak  dicantumkan  pada
                  soal.
             C4   Analisis  -merinci  atau  menguraikan  suatu  bahan  atau
                  hal  menjadi  bagian-bagian  atau  komponen-komponen
                  yang  lebih  kecil  dan  mampu  memahami  hubungan
                  antarbagian  yang  satu  dengan  yang  lain,  misalnya



         332
   335   336   337   338   339   340   341   342   343   344   345