Page 338 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 338

Puspitasari,  Evaluasi  Hasil  Bela jar ....



                 Ada  enam  hal  yang  harus  dipertimbangkan  dalam
          pembuatan  kisi-kisi  tes,   yaitu  (  1)  pengambilan  sam pel  dan
          pemilihan  butir soal,  (2)  tipe  tes  yang  akan  digunakan,  (3)  aspek
          kemampuan yang  akan diuji,  (4) format butir soal,  (5) jumlah butir
          soal,  dan (6) distribusi tingkat kesukaran butir soal.


          a.   Pengambilan Sampel dan Pemilihan Butir Soal

             Tes  hasil  belajar  harus  disusun  atas  butir-butir  soal  yang
             terpilih,  yang  mewakili  materi  pelajaran  yang  diujikan.
              Pemilihan  butir  soal  harus  dilakukan  atas  pertimbangan
             pentingnya  konsep,  dalil,  atau  teori  dalam  bidang  studi  yang
             bersangkutan.  Agar  butir  soal  yang  dipilih  dapat  mewakili
             konsep-konsep  yang  penting,  biasanya  materi  pelajaran
             dibagi  dalam  pokok  bahasan  atau  sub-subpokok  bahasan.
             Materi  mata  kuliah  yang  direncanakan  untuk  diujikan  harus
             mewakili  isi  mata  kuliah.  Pemilihan  materi  mata  kuliah  yang
             akan  diujikan  didasarkan  pada  tujuan  pembelajaran  yang
             telah  dirancang  dalam  kegiatan  analisis  kompetensi.  Jumlah
             butir soal  dalam  setiap  pokok bahasan  hendaknya sebanding
             dengan luas dan pentingnya pokok bahasan tersebut


          b.   Tipe  Tes yang Digunakan

             Ada  tiga  tipe  soal  yang  dapat  digunakan  untuk  mengukur
             proses  berpikir,  yaitu  (  1)  uraian,  (2)  objektif,  dan  (3)  lisan.
             Dalam  perkuliahan,  yang  banyak  dipergunakan  adalah  tipe
             soal  uraian  dan  objektif,  kecuali  untuk  program  bahasa  yang
             mengujikan  mata  kuliah  Speaking (untuk bahasa  lnggris) dan
             Berbicara  (untuk bahasa Indonesia).  Berbicara dalam  bentuk
             ujian  lisan.  Sebetulnya  ada  satu  tipe  tes  lagi  yang  hanya
             cocok digunakan untuk  pelajaran  yang  membutuhkan  banyak



          330
   333   334   335   336   337   338   339   340   341   342   343