Page 343 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 343

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



                •   Pemeriksaan  lembar  jawaban  tes  objektif  dalam
                   jumlah besar memerlukan adanya peralatan komputer
                   dan mesin pembaca jawaban ujian (scanner).


            5)  Keterampilan dosen
                •   Ada  dosen  yang  lebih  terampil  dalam  mengembang-
                   kan  tes  uraian,  termasuk  mengembangkan  pedoman
                   penskorannya.
                •   Ada  dosen  yang  lebih  terampil  dalam  mengembang-
                   kan tes objektif.

            Dengan  mempertimbangkan  faktor-faktor  di  atas,  seorang
            dosen  dapat  menentukan  bentuk  tes  manakah  yang  akan
            digunakan untuk menguji kemampuan berpikir mahasiswa.

        e.  Jumlah Butir Soa/
            Tidak  ada  ketentuan  yang  pasti  mengenai  jumlah  butir  soal
            dalam  sebuah  tes.  Sebagai  pedoman,  jumlah  butir  soal
            keseluruhan  sangat  tergantung  pada  tipe  soal  (uraian  atau
            objektif),  tingkat  keterwakilan  materi  mata  kuliah,  tingkat
            kesulitan  mata  kuliah  dan  waktu  ujian  yang  tersedia.
            Misalnya,  mata  kuliah  yang  menggunakan  tes  uraian  hanya
            mungkin  diujikan  dengan  5  butir  soal  mengingat terbatasnya
            waktu ujian.  Mata kuliah yang menggunakan tes objektif dapat
            diujikan  dengan  30  soal,  45  soal,  atau  60  butir  soal
            tergantung  pada  tingkat  kesulitan  mata  kuliah  tersebut
            disesuaikan dengan waktu  ujian  UT yang  hanya 90  menit per
            jam ujian
            Penentuan  jumlah  soal  untuk  setiap  pokok  bahasan
            didasarkan  pada  tingkat  kepentingan  materi  pokok  bahasan
            tersebut  untuk  diujikan  kepada  mahasiswa.  Artinya,  bila
            banyak   tujuan   pembelajaran   yang   penting   dikuasai



                                                                335
   338   339   340   341   342   343   344   345   346   347   348