Page 343 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 343
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
• Pemeriksaan lembar jawaban tes objektif dalam
jumlah besar memerlukan adanya peralatan komputer
dan mesin pembaca jawaban ujian (scanner).
5) Keterampilan dosen
• Ada dosen yang lebih terampil dalam mengembang-
kan tes uraian, termasuk mengembangkan pedoman
penskorannya.
• Ada dosen yang lebih terampil dalam mengembang-
kan tes objektif.
Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, seorang
dosen dapat menentukan bentuk tes manakah yang akan
digunakan untuk menguji kemampuan berpikir mahasiswa.
e. Jumlah Butir Soa/
Tidak ada ketentuan yang pasti mengenai jumlah butir soal
dalam sebuah tes. Sebagai pedoman, jumlah butir soal
keseluruhan sangat tergantung pada tipe soal (uraian atau
objektif), tingkat keterwakilan materi mata kuliah, tingkat
kesulitan mata kuliah dan waktu ujian yang tersedia.
Misalnya, mata kuliah yang menggunakan tes uraian hanya
mungkin diujikan dengan 5 butir soal mengingat terbatasnya
waktu ujian. Mata kuliah yang menggunakan tes objektif dapat
diujikan dengan 30 soal, 45 soal, atau 60 butir soal
tergantung pada tingkat kesulitan mata kuliah tersebut
disesuaikan dengan waktu ujian UT yang hanya 90 menit per
jam ujian
Penentuan jumlah soal untuk setiap pokok bahasan
didasarkan pada tingkat kepentingan materi pokok bahasan
tersebut untuk diujikan kepada mahasiswa. Artinya, bila
banyak tujuan pembelajaran yang penting dikuasai
335