Page 342 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 342

Puspitasari,  Evaluasi  Hasil  Belajar  0000


                  prinsip,  maka  bentuk  tes  yang  sesuai  adalah  tes
                  objektifo
              •   Bila  yang  diukur  adalah  kemampuan  mahasiswa
                  dalam   mengajukan    pendapat   secara   tertulis
                  (menjawab  pertanyaan:   bandingkan,   diskusikan,
                  uraikan,  berikan  kritik,  buatlah  rancangan  studi),
                  maka  bentuk  tes  uraian  lebih  baik  daripada  tes
                  objektif.

           2)  Waktu yang tersedia
              •   Waktu  yang  diperlukan  untuk  mengembangkan  tes
                  objektif  lebih  lama  dari  waktu  yang  digunakan  untuk
                  mengembangkan tes uraiano
              •   Waktu  yang  diperlukan  untuk  memeriksa  lembar
                  jawaban tes yang  berbentuk objektif jauh lebih singkat
                  daripada  waktu  yang  diperlukan  untuk  memeriksa
                  jawaban tes uraian.

           3)  Jumlah peserta UJian
              •   Bila  jumlah  peserta  ujian  sedikit  dan  soal  ujian  tidak
                  akan  digunakan  lagi,  maka  penggunaan  tes  uraian
                  akan lebih efektif.
              •   Bila  peserta  ujian  banyak  dan  soal  akan  digunakan
                  lagi  untuk  menguji  kelompok  mahasiswa  yang  lain,
                  maka penggunaan tes bentuk objektif akan lebih baik.

          4)  Sarana fisik untuk  keperluan  penggandaan  naskah ujian
              dan pemeriksaan lembar jawaban ujian
              •   Penggandaan  tes  objektif  memerlukan  biaya  yang
                  lebih tinggi daripada penggandaan naskah tes uraian.






       334
   337   338   339   340   341   342   343   344   345   346   347