Page 342 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 342
Puspitasari, Evaluasi Hasil Belajar 0000
prinsip, maka bentuk tes yang sesuai adalah tes
objektifo
• Bila yang diukur adalah kemampuan mahasiswa
dalam mengajukan pendapat secara tertulis
(menjawab pertanyaan: bandingkan, diskusikan,
uraikan, berikan kritik, buatlah rancangan studi),
maka bentuk tes uraian lebih baik daripada tes
objektif.
2) Waktu yang tersedia
• Waktu yang diperlukan untuk mengembangkan tes
objektif lebih lama dari waktu yang digunakan untuk
mengembangkan tes uraiano
• Waktu yang diperlukan untuk memeriksa lembar
jawaban tes yang berbentuk objektif jauh lebih singkat
daripada waktu yang diperlukan untuk memeriksa
jawaban tes uraian.
3) Jumlah peserta UJian
• Bila jumlah peserta ujian sedikit dan soal ujian tidak
akan digunakan lagi, maka penggunaan tes uraian
akan lebih efektif.
• Bila peserta ujian banyak dan soal akan digunakan
lagi untuk menguji kelompok mahasiswa yang lain,
maka penggunaan tes bentuk objektif akan lebih baik.
4) Sarana fisik untuk keperluan penggandaan naskah ujian
dan pemeriksaan lembar jawaban ujian
• Penggandaan tes objektif memerlukan biaya yang
lebih tinggi daripada penggandaan naskah tes uraian.
334