Page 337 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 337
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
mahasiswa dalam sebuah mata kuliah. Pada saat merancang
bahan ajar untuk sebuah mata kuliah, tujuan pembelajaran yang
harus dikuasai oleh mahasiswa diidentifikasi melalui sebuah
kegiatan yang disebut analisis instruksional. Hasil analisis
instruksional kemudian dijabarkan dalam Garis-garis Besar
Program Pembelajaran (GBPP), yang merupakan acuan untuk
menulis materi bahan ajar dari mata kuliah yang bersangkutan.
Untuk UT, analisis kompetensi perlu dilakukan mengingat UT
menggunakan pendekatan penilaian acuan patokan (PAP) dalam
menyusun alat evaluasi hasil belajar, yaitu penila1an terhadap
hasil belajar mahasiswa tidak didasarkan pada kemampuannya
bila dibandingkan dengan mahasiswa lain yang menempuh tes
yang sama, tetapi mengacu pada kriteria yang dibakukan
Dengan demikian, keberhasilan studi mahasiswa UT diukur dari
pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan melalui
analisis kompetensi.
2. Pengembangan Kisi-kisi
Setelah penentuan kompetensi dan tujuan pembelajaran
dikuasai mahasiswa dalam suatu mata kuliah, kegiatan yang
harus dilakukan oleh seorang dosen adalah penulisan kisi-kisi tes.
Penulisan kisi-kisi merupakan kegiatan untuk merencanakan ujian
dengan baik dengan memperhatikan tujuan ujian, kompetensi
yang hendak diukur. waktu dan sumber daya yang tersedia. Tes
yang baik terdiri dari butir-butir soal yang menguji tujuan
pembelajaran yang penting, mewakili ranah pengetahuan, dan
mewakili materi pelajaran secara representatif. Untuk itu, peranan
perencanaan dalam pengujian, dalam hal ini pengembangan kisi-
kisi, menjadi sangat penting karena kisi-kisi tes atau test blueprint
mencakup informasi yang diperlukan untuk menulis soal ujian.
329