Page 352 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 352

Puspitasari,  Evaluasi  Hasil  Belajar ....



         Dalam  hal  ini,  semua  tujuan  pembelajaran  harus  ada  butir
         soalnya.  Karena  penguasaan  100%  bahan/materi  sukar dicapai,
         banyak lembaga pendidikan yang  menentukan  patokan  kelulusan
         atau  tingkat  penguasaan  bahan  75%  atau  80%  saja  Misalnya,
         seorang  mahasiswa  dikatakan  telah  menguasai  satu  pokok
         bahasan tertentu  bila ia telah dapat menjawab dengan benar 80%
         dari  butir  soal  yang  berasal  dari  pokok  bahasan  tersebut.  Bagi
         mahasiswa  yang  persentase jawaban  benarnya  kurang  dari  80%,
         dianggap belum menguasai bahan atau dianggap belum lulus.
                Ada  lembaga  pendidikan  yang  melakukan  penilaian
         dengan  menggunakan  kategori  lulus  dan  tidak  lulus.  Ada  juga
         yang  menggunakan  kategori A,  B,  C,  D,  dan  E sedangkan  nilai  E
         dinyatakan  tidak  lulus  karena  penguasaan  mahasiswa  terhadap
         bahan  yang diujikan kurang dari 80%.



         Pendekatan Penilaian di UT
                Pada  dasarnya  UT menggunakan  pendekatan  PAP  untuk
         menilai  hasil  belajar  mahasiswa.  Hal  ini  disebabkan  UT
         menerapkan  sistem  pendidikan  jarak  jauh,  yang  menuntut
         mahasiswa  untuk  belajar  tuntas  dengan  menggunakan  modul.
         Materi  modul  dikembangkan  berdasarkan  Tujuan  Pembelajaran
         Umum  dan  Tujuan  Pembelajaran  Khusus  yang  telah  ditentukan
         sebelumnya (tertuang dalam GBPP dan analisis instruksional).
                Pada  setiap  akhir  kegiatan  belajar,  UT  menuntut
         mahasiswa  untuk  mengerjakan  Tes  Formatif,  yaitu  untuk
         mengukur  penguasaan  mahasiswa  terhadap  materi  kegiatan
         belajar  yang  telah  dipelajarinya.  Kunci  yang  diberikan  pada  akhir
         setiap modul dapat digunakan oleh mahasiswa untuk menilai hasil
         tesnya  sendiri,  yaitu  menilai  kemampuannya  dalam  menguasai
         materi  modul  yang  telah  dipelajari  tersebut.  Bila  penguasaan
         mahasiswa  kurang  dari  80%,    mereka  disarankan  untuk




         344
   347   348   349   350   351   352   353   354   355   356   357