Page 352 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 352
Puspitasari, Evaluasi Hasil Belajar ....
Dalam hal ini, semua tujuan pembelajaran harus ada butir
soalnya. Karena penguasaan 100% bahan/materi sukar dicapai,
banyak lembaga pendidikan yang menentukan patokan kelulusan
atau tingkat penguasaan bahan 75% atau 80% saja Misalnya,
seorang mahasiswa dikatakan telah menguasai satu pokok
bahasan tertentu bila ia telah dapat menjawab dengan benar 80%
dari butir soal yang berasal dari pokok bahasan tersebut. Bagi
mahasiswa yang persentase jawaban benarnya kurang dari 80%,
dianggap belum menguasai bahan atau dianggap belum lulus.
Ada lembaga pendidikan yang melakukan penilaian
dengan menggunakan kategori lulus dan tidak lulus. Ada juga
yang menggunakan kategori A, B, C, D, dan E sedangkan nilai E
dinyatakan tidak lulus karena penguasaan mahasiswa terhadap
bahan yang diujikan kurang dari 80%.
Pendekatan Penilaian di UT
Pada dasarnya UT menggunakan pendekatan PAP untuk
menilai hasil belajar mahasiswa. Hal ini disebabkan UT
menerapkan sistem pendidikan jarak jauh, yang menuntut
mahasiswa untuk belajar tuntas dengan menggunakan modul.
Materi modul dikembangkan berdasarkan Tujuan Pembelajaran
Umum dan Tujuan Pembelajaran Khusus yang telah ditentukan
sebelumnya (tertuang dalam GBPP dan analisis instruksional).
Pada setiap akhir kegiatan belajar, UT menuntut
mahasiswa untuk mengerjakan Tes Formatif, yaitu untuk
mengukur penguasaan mahasiswa terhadap materi kegiatan
belajar yang telah dipelajarinya. Kunci yang diberikan pada akhir
setiap modul dapat digunakan oleh mahasiswa untuk menilai hasil
tesnya sendiri, yaitu menilai kemampuannya dalam menguasai
materi modul yang telah dipelajari tersebut. Bila penguasaan
mahasiswa kurang dari 80%, mereka disarankan untuk
344