Page 356 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 356
Puspitasari, Evaluasi Hasil Belajar .. _ .. _____________ _
Prosedur analisis butir soal memberikan informasi tentang
( 1) tingkat kesulitan soal, (2) daya bed a soal, dan (3) efektivitas
alternatif jawaban setiap butir soal Dengan demikian, dari hasil
analisis butir soal dapat diketahui apakah sebuah butir soal
terlalu mudah atau terlalu sukar, seberapa baik butir soal tersebut
dapat membedakan peserta tes yang mencapai skor tinggi dan
rendah pada tes tersebut, dan apakah setiap alternatif jawaban
dapat berfungsi secara efektif sebagai pengecoh.
Analisis butir soal memberikan beberapa manfaat.
Pertama, analisis butir soal dapat memberikan informasi sebagai
bahan diskusi di kelas. Misalnya, dosen dapat membahas lagi
soal-soal yang sukar secara lebih mendalam. Kedua, analisis butir
soal dapat memberikan data yang dapat membantu mahasiswa
meningkatkan belajarnya Banyaknya jawaban yang salah dipilih
oleh mahasiswa menunjukkan adanya kesalahan pemahaman
atau miskonsepsi yang terjadi di kelas. Hal ini dapat memberikan
petunjuk tentang perlunya tugas-tugas remedial untuk kelas
tersebut. Ketiga, analisis butir soal memberikan pengalaman dan
pelajaran bagi dosen agar dapat mengembangkan tes yang lebih
ba1k pada masa yang akan datang. Kegiatan ini dapat membantu
dosen agar lebih mengenali butir-butir soal yang tidak efektif dan
mengetahui cara memperbaikinya
Untuk dapat menentukan efektivitas butir-butir soal yang
diujikan, hal yang perlu diperhatikan adalah tingkat kesukaran dan
daya beda soal Tingkat kesukaran butir soal didefinisikan
sebagai proporsi mahasiswa yang menJawab suatu butir soal
dengan benar, sedangkan daya beda soal didefinisikan sebagai
indeks yang menunjukkan tingkat kemampuan soal dalam
membedakan mahasiswa yang mencapai skor tinggi (berprestasi
tinggi) dan mahasiswa yang mencapai skor rendah (berprestasi
rendah).
348