Page 356 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 356

Puspitasari,  Evaluasi  Hasil  Belajar .. _ .. _____________ _



                Prosedur analisis butir soal memberikan informasi tentang
         ( 1)  tingkat  kesulitan  soal,  (2)  daya  bed a  soal,  dan  (3)  efektivitas
         alternatif jawaban  setiap  butir  soal  Dengan  demikian,  dari  hasil
         analisis  butir  soal  dapat  diketahui  apakah  sebuah  butir  soal
         terlalu  mudah atau  terlalu sukar,  seberapa baik butir soal tersebut
         dapat  membedakan  peserta  tes  yang  mencapai  skor  tinggi  dan
         rendah  pada  tes  tersebut,  dan  apakah  setiap  alternatif jawaban
         dapat berfungsi secara efektif sebagai pengecoh.
                Analisis  butir  soal  memberikan  beberapa  manfaat.
         Pertama,  analisis  butir soal  dapat  memberikan  informasi  sebagai
         bahan  diskusi  di  kelas.  Misalnya,  dosen  dapat  membahas  lagi
         soal-soal yang sukar secara lebih mendalam.  Kedua,  analisis butir
         soal  dapat  memberikan  data  yang  dapat  membantu  mahasiswa
         meningkatkan  belajarnya  Banyaknya  jawaban  yang  salah  dipilih
         oleh  mahasiswa  menunjukkan  adanya  kesalahan  pemahaman
         atau  miskonsepsi yang  terjadi  di  kelas.  Hal  ini  dapat memberikan
         petunjuk  tentang  perlunya  tugas-tugas  remedial  untuk  kelas
         tersebut.  Ketiga,  analisis  butir soal  memberikan  pengalaman  dan
         pelajaran  bagi  dosen  agar dapat mengembangkan  tes  yang  lebih
         ba1k  pada  masa  yang  akan  datang.  Kegiatan  ini  dapat membantu
         dosen  agar lebih  mengenali  butir-butir soal  yang  tidak  efektif dan
         mengetahui cara memperbaikinya
                Untuk  dapat  menentukan  efektivitas  butir-butir  soal  yang
         diujikan,  hal  yang  perlu diperhatikan adalah tingkat kesukaran dan
         daya  beda  soal  Tingkat  kesukaran  butir  soal  didefinisikan
         sebagai  proporsi  mahasiswa  yang  menJawab  suatu  butir  soal
         dengan  benar,  sedangkan  daya  beda  soal  didefinisikan  sebagai
         indeks  yang  menunjukkan  tingkat  kemampuan  soal  dalam
         membedakan  mahasiswa  yang  mencapai  skor tinggi  (berprestasi
         tinggi)  dan  mahasiswa  yang  mencapai  skor  rendah  (berprestasi
         rendah).





         348
   351   352   353   354   355   356   357   358   359   360   361