Page 358 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 358
Puspitasari, Evaluasi Hasil Belajar ....
Nilai P Keterangan Kriteria
Hanya 20% peserta ujian yang dapat menjawab Soal sukar
0.2
dengan benar
0.0 Semua peserta tes menjawab salah Soal sangat sukar
Daya beda soal diberi lambang D. Nilai D berkisar antara
-1.0 s d. +1.0. jika D = +1 0 menunjukkan bahwa semua
kelompok atas menjawab benar butir soal terkait Nilai D = -1.0
berarti semua kelompok bawah menjawab salah butir soal terkait.
Bila nilai D = 0, berarti JUmlah mahasiswa dari kelompok atas
maupun kelompok bawah yang menjawab soal dengan benar
sama jumlahnya, atau semua mahasiswa menjawab salah.
Kelompok atas adalah kelompok mahasiswa yang mencapai skor
tinggi, sedangkan kelompok bawah adalah kelompok mahasiswa
yang mempunyai skor rendah.
Analisis butir soal bertujuan untuk mengidentifikasi butir-
butir soal Mahasiswa yang mempunyai skor tinggi mempunyai
peluang besar untuk menjawab butir soal dengan benar dan
mahasiswa yang mempunyai skor rendah mempunyai
kemungkinan yang rendah untuk menjawab butir soal dengan
benar. Soal-soal yang mempunyai daya beda tinggi dianggap
dapat membedakan peserta tes yang menguasai materi dan yang
tidak. Sebaliknya, semakin kecil D butir soal dianggap kurang
efektif membedakan kemampuan peserta tes yang pandai dari
yang kurang pandai. Soal-soal yang mempunyai daya beda
negatif menunjukkan bahwa mahasiswa dari kelompok atas yang
menjawab salah butir soal tersebut, lebih banyak daripada
mahasiswa dari kelompok bawah yang menjawab salah. Dengan
kata lain, justru lebih banyak mahasiswa dari kelompok bawah
yang menjawab dengan benar. Bila D negatif, butir soal tidak
dapat dipakai sebagai alat ukur prestasi belajar, sehingga tidak
dapat dipakai untuk penilaian Soal-soal yang berdaya beda
350