Page 358 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 358

Puspitasari,  Evaluasi  Hasil  Belajar ....



         Nilai P              Keterangan                   Kriteria
                 Hanya 20% peserta ujian yang dapat menjawab   Soal sukar
           0.2
                 dengan benar
           0.0   Semua peserta tes menjawab salah      Soal sangat sukar


                Daya  beda  soal diberi  lambang  D.  Nilai  D berkisar antara
         -1.0  s d.  +1.0.  jika  D  =  +1  0  menunjukkan  bahwa   semua
         kelompok  atas  menjawab  benar  butir  soal  terkait  Nilai  D = -1.0
         berarti semua kelompok bawah  menjawab salah  butir soal terkait.
         Bila  nilai  D  =  0,  berarti  JUmlah  mahasiswa  dari  kelompok  atas
         maupun  kelompok  bawah  yang  menjawab  soal  dengan  benar
         sama  jumlahnya,  atau  semua  mahasiswa  menjawab  salah.
         Kelompok atas adalah  kelompok mahasiswa  yang  mencapai skor
         tinggi,  sedangkan  kelompok  bawah  adalah  kelompok  mahasiswa
         yang  mempunyai skor rendah.
                Analisis  butir  soal  bertujuan  untuk  mengidentifikasi  butir-
         butir  soal  Mahasiswa  yang  mempunyai  skor  tinggi  mempunyai
         peluang  besar  untuk  menjawab  butir  soal  dengan  benar  dan
         mahasiswa    yang   mempunyai    skor   rendah   mempunyai
         kemungkinan  yang  rendah  untuk  menjawab  butir  soal  dengan
         benar.  Soal-soal  yang  mempunyai  daya  beda  tinggi  dianggap
         dapat membedakan peserta tes  yang  menguasai materi dan  yang
         tidak.  Sebaliknya,  semakin  kecil  D  butir  soal  dianggap  kurang
         efektif  membedakan  kemampuan  peserta  tes  yang  pandai  dari
         yang  kurang  pandai.  Soal-soal  yang  mempunyai  daya  beda
         negatif menunjukkan  bahwa  mahasiswa dari  kelompok atas  yang
         menjawab  salah  butir  soal  tersebut,  lebih  banyak  daripada
         mahasiswa  dari  kelompok  bawah  yang  menjawab  salah.  Dengan
         kata  lain,  justru  lebih  banyak  mahasiswa  dari  kelompok  bawah
         yang  menjawab  dengan  benar.  Bila  D  negatif,  butir  soal  tidak
         dapat  dipakai  sebagai  alat  ukur  prestasi  belajar,  sehingga  tidak
         dapat  dipakai  untuk  penilaian  Soal-soal  yang  berdaya  beda




         350
   353   354   355   356   357   358   359   360   361   362   363