Page 367 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 367

PENDIDIKAN TINGGI  )ARAK )AUH



        mahasiswa,   sementara    pada   tutorial   tertulis   diperlukan
        keterampilan  menulis dan  berinteraksi dengan mahasiswa melalui
        tulisan.  Keadaan  yang  memerlukan  berbagai  keterampilan  ini
        cenderung  kurang  diperhatikan  oleh  pengambil  keputusan  pada
        PT  JJ.  Tutor  dianggap  harus  menguasai  semua  keterampilan
        dengan sendirinya.
               Menurut  Moore  (dalam  Visser,  2002),  pendidikan  jarak
        jauh  membutuhkan  pengajar  atau  tutor  yang  mempunyai
        kualifikasi tinggi  dan  berpengalaman memahami mahasiswa serta
        proses belajar pada PJJ,  dan justru bukan yang  menguasai materi
        akademik.  Moore  menyebut  pengajar  sebagai  instruktur  yang
        menurutnya  juga  harus  menguasai  cara  memberi  dukungan
        kepada  mahasiswa  melalui  konseling.  bimbingan  orientasi  dan
        tutorial,  serta  memonitor  tugas-tugas  tertulis  dari  mahasiswa
        Pendapat  Moore  tersebut  menunjukkan  bahwa  peran  tutor  pada
        PT  JJ  cenderung  bukan  sebagai  ahli  materi  tetapi  sebagai
        instruktur  yang  cenderung  memiliki  keterampilan  memberi
        dukungan kepada mahasiswa untuk mampu menguasai materi


        B.  Tutorial pada  Universitas Terbuka

               Staf  akademik  UT  mendapat  berbagai  pelatihan  seperti
        PATUT  (Program  Akreditasi  Tutor  UT),  penulisan  untuk  tutorial
        tertulis,  penulisan  naskah  audio-video,  pengembangan  program
        PBK,  dan  pelatihan  keterampilan  teknis  untuk  tutor  pada  tutorial
        berjaringan  internet  atau  tutorial  elektronik  (tutel).   Berbagai
        pelatihan  yang  diadakan  UT  untuk  staf   akademik  di  UT
        menunjukkan  bahwa  UT  sebagai  institusi  pendidikan  jarak  jauh
        berusaha membekali stafnya  dengan  berbagai keterampilan  yang
        dibutuhkan.   Namun,   tampaknya   usaha    tersebut   belum
        menunjukkan hasil yang  maksimal.





                                                                359
   362   363   364   365   366   367   368   369   370   371   372