Page 374 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 374
Dannayanti, Dampak lnovasi Tutorial Elektronik ....
muka. Pada umumnya, tutor di fakultas terbiasa untuk menyiap-
kan diri hanya pada saat pertemuan tatap muka untuk tutorial
tatap muka. Selain waktu pertemuan pada tutorial tatap muka,
tutor terbiasa melakukan berbagai kegiatan pengelolaan mata
kuliah, mengkoordinasi penulisan modul, menulis dan
menyiapkan soal ujian, serta berbagai kegiatan akademik lainnya
yang bukan merupakan aktivitas tutorial. Aktivitas tutorial yang
selama ini menjadi persepsi tutor di fakultas adalah aktivitas
tutorial yang hanya dilakukan pada saat pertemuan tutorial tatap
muka.
Oleh karena itu, kebiasaan baru untuk membuka situs
tutorial online membutuhkan peran institusi. Peran institusi PT JJ
tidak hanya berhenti sampai pada pemberian pelatihan teknis
keterampilan tetapi juga beberapa usaha lainnya agar kebiasaan
untuk membuka situs tutorial online terbentuk, terutama pada
tahap implementasi.
Tahap implementasi adalah tahap individu (atau unit
pembuat keputuasan) menggunakan suatu inovasi (Nasution,
2000). Tahap implementasi merupakan tahap rawan untuk
terbentuknya pola perubahan perilaku yang baru Tahap
implementasi dapat memperkuat atau memperlemah terbentuk-
nya pola perilaku baru Pada tahap implementasi, kebiasaan baru
tutor belum terbentuk dan masih ada derajat ketidakpastian yang
membutuhkan penguatan dari institusi agar dapat diatasi oleh
tutor, sehingga tutor yakin dalam melakukan aktivitasnya sebagai
tutor pada tutorial online.
Peran institusi pada tahap implementasi sangat
diperlukan, terutama dalam memberikan dukungan dan bantuan
teknis kepada tutor dalam memulai aktivitasnya pada tutorial
online. Peran institusi pada tahap implementasi ini menentukan
keberhasilan. Oleh karena itu. pada tahap implementasi, peran
institusi diharapkan konsisten. Contoh dampak peran institusi
366