Page 384 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 384

Herman,  Dampak Sistem Pendidikan Tinggi Jarak ....



          yang  lain.  Dengan  demikian diharapkan  bahwa  mahasiswa  dapat
           merasakan kebutuhan materi yang  diambilnya.
                  Rangsangan  untuk  belajar  adalah  faktor  yang  ketiga.
           Dalam  hal  ini,  pengembang  bahan  ajar harus dapat menciptakan
           keadaan  yang  mampu  merangsang  mahasiswa  untuk  belajar.
           Pengembang  bahan  ajar  sebaiknya  memang  harus  dapat
           menemukan  cara  yang  dapat  merangsang  mahasiswa  untuk
           mempelajari bahan ajar tersebut.
                  Faktor  yang   keempat  adalah   emosi.   Mahasiswa
          sebaiknya  dapat  terlibat  secara  emosi  dalam  mempelajari
          sesuatu.  Gaya  bahasa  dalam  menyajikan  konsep-konsep  atau
          contoh-contoh  pada  bahan  ajar harus dirancang  sedemikian  rupa
          sehingga  mahasiswa  dapat  terlibat  secara  emosi  ketika
           membacanya.  Mungkin teknik penulisan gaya bahasa pada bahan
          ajar  tidak  sebebas  pada  penulisan  novel.  Tetapi  seni  seperti  itu
          tampaknya  dapat  juga  diterapkan  pada  penulisan  bahan  ajar.
          Contoh-contoh  yang  diberikan  mungkin  dapat  juga  disajikan
          dalam  gaya  bahasa  yang  menyentuh  emosi  mahasiswa.  Dengan
          demikian,  mahasiswa  tidak  semata-mata  belajar  karena  terpaksa
          saja tetapi ada "rasa" yang terlibat di sana.
                  Faktor  kelima  adalah  kemampuan.  Mahasiswa  akan
          merasa memiliki kemampuan bila menyadari bahwa mereka telah
          mencapai  tingkat  pengetahuan  atau  keterampilan  yang  sesuai
          dengan  tahapan-tahapan  yang  sudah  dilalui.  Karena  itulah,
          pemberian bahan ajar harus berjenjang dari yang  mudah  ke  yang
          sulit,  dari  yang  sederhana  ke  yang  rumit.  Penguasaan  materi
          yang  bertahap/bertingkatlberjenjang  sejalan  dengan  menyebab-
          kan/mengakibatkan  bertambahnya  rasa  memiliki  kemampuan
          menambah  pengetahuan.  Dengan  demikian  dapat  dirasakan
          bahwa pengetahuan mereka saat ini lebih banyak dari yang lalu.
                  Yang  terakhir  adalah  faktor  penguatan  yaitu  kegiatan
          yang  meningkatkan kemungkinan  untuk  memberikan  respon  lebih


          376
   379   380   381   382   383   384   385   386   387   388   389