Page 266 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 266

PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK JAUH



                Contoh-contoh  yang  mendorong  fantasi  juga  bisa  dipakai
                sebagai  contoh-contoh  yang   berhubungan  dengan
                kepentingan   atau   ketertarikan   siswa.   Sebaiknya
                diberikan  contoh-contoh  yang  relevan  dengan  kehidupan
                sehari-hari  atau  yang  berhubungan  dengan  masalah-
                masalah di kelas.
            (c)  Keyakinan,  dapat  ditingkatkan  dengan  memberikan
                harapan  kepada  siswa  dalam  belajar,  memberikan
                kesempatan  untuk  berhasil  di  dalam  mengikuti  pelajaran
                dan membiasakan siswa dapat mengontrol pribadinya.
            (d)  Kepuasan,  ditingkatkan  melalui  kegiatan  yang  membuat
                siswa  dapat  menerapkan  apa  yang  telah  siswa  pelajari
                secara nyata,  berguna,  dan bersikap adil.  Yang  dimaksud
                bersikap adil  adalah  konsistensi  pelajaran,  kegiatan  yang
                sesuai  dengan  tujuan  yang  sudah  ditetapkan,  dan
                evaluasi  yang  sesuai  dengan  perilaku  siswa.  Motivasi
                adalah  aspek  penting  dalam  proses  pembelajaran
                Sekalipun  program  pembelajaran  sudah  dikembangkan
                dengan  baik  dan  disampaikan  dengan  sempurna,  tetapi
                kemungkinan  saja  gagal  karena  siswanya  bosan.  Oleh
                karena  itu,  motivasi  secara  terus-menerus  harus  dapat
                dibangkitkan.


         (2)  Penyajian  lnformasi,  apakah  informasi  yang  disajikan  kepada
            siswa  dapat  berbentuk  teks,  grafik,  visual  dan  animasi,  atau
            kombinasi  semuanya.  Dalam  Program  PBK  yang  berkualitas
            penyajian  informasi  terdiri  dari  kombinasi  antara:  a)  Teks;
            b)  Visual;  dan c) Animasi
            a)  Presentasi  lnformasi  Melalui  Teks.  Presentasi  melalui
                teks  hanya  menyampaikan  materi  terbatas  pada  yang
                sudah  ditentukan.  Hal  ini  berlaku  tidak  hanya  untuk
                deskripsi teks,  tetapi juga untuk gambar-gambar dan  lain-



                                                                 257
   261   262   263   264   265   266   267   268   269   270   271