Page 262 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 262
PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH
fleksibel menentukan MP mana yang harus digunakan, agar
tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Kegiatan dalam proses pembelajaran yang disampaikan
melalui komputer juga melibatkan berbagai MP. Menurut Alessi &
Trollip (1991) serta Hanafin & Peck (1980), sebagai dasar untuk
mengembangkan program PBK yang berkualitas, terdapat lima
MP utama yang bisa dikembangkan, yaitu: a) Tutorial, b) Latihan
dan Praktik, c) Simulasi, d) Permainan, dan e)Tes. Heinich
(1996), menambahkan dengan metode Penemuan dan
Pemecahan Masalah. Bandingkan kelima MP utama tersebut
dengan MP yang terdapat pada Gambar 1 berikut ini
Gambar I
Metode Pembelajaran yang Digunakan dalam Program Pembelajaran
Berbantuan Komputer
( Adaptasi dari J. Steven Soulier, 1988 ).
253