Page 262 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 262

PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH



         fleksibel  menentukan  MP  mana  yang  harus  digunakan,  agar
         tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
                 Kegiatan  dalam  proses  pembelajaran  yang  disampaikan
         melalui komputer juga melibatkan  berbagai MP.  Menurut Alessi  &
         Trollip  (1991)  serta  Hanafin  &  Peck  (1980),  sebagai  dasar untuk
         mengembangkan  program  PBK  yang  berkualitas,  terdapat  lima
         MP  utama yang  bisa  dikembangkan,  yaitu:  a)  Tutorial,  b)  Latihan
         dan  Praktik,  c)  Simulasi,  d)  Permainan,  dan  e)Tes.  Heinich
         (1996),   menambahkan    dengan    metode   Penemuan    dan
         Pemecahan  Masalah.  Bandingkan  kelima  MP  utama  tersebut
         dengan MP yang terdapat pada Gambar 1 berikut ini



























                                   Gambar I
           Metode Pembelajaran yang Digunakan dalam Program Pembelajaran
                              Berbantuan Komputer
                      ( Adaptasi dari J.  Steven Soulier,  1988 ).






                                                                 253
   257   258   259   260   261   262   263   264   265   266   267