Page 257 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 257

Said,  Pengembangan Strategl Pembelajaran Berbantuan ....



          penting  dikuasai  agar  guru  dapat  membantu  siswa  mencapai
         tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
                 Strategi  pembelajaran  tidak  hanya  sekadar  deskripsi
          mengenai  bahan  pembelajaran  yang  disajikan  untuk  siswa,
          melainkan  juga  menjelaskan  komponen-komponen  umum  dari
          prosedur suatu  bahan  pembelajaran  yang  akan  digunakan  untuk
          mencapai hasil  yang  diinginkan (Dick  &  Carey,  1978). Sementara
          itu,  Ely  &  Gerlach   (1980)  menyatakan  bahwa  strategi
          pembelajaran   merupakan   cara-cara   yang   dipilih   untuk
          menyampaikan  materi  pelajaran  dalam  lingkungan  pengajaran
         tertentu  yang  terdiri  dari  urutan  kegiatan,  metode,  dan  prosedur
          yang  dapat  memberikan  pengalaman  belajar kepada  siswa  guna
          mencapai  tujuan  pembelajaran  lebih  lanjut.  Reigeluth  (1983)
          menyatakan  bahwa  strategi  pembelajaran  dapat  diklafisikasikan
          menjadi  strategi  pengorganisasian,  strategi  penyampaian,  dan
         strategi  pengelolaan.   Sejalan  dengan  pendapat  tersebut,
         Suparman  (1996)  menyatakan  bahwa  strategi  pembelajaran
         terdiri  dari empat komponen  yaitu:  urutan  kegiatan  pembelajaran,
         metode  pembelajaran,  media  pembelajaran,  dan  waktu.  Dari
         berbagai   pengertian   tentang   strategi   pembelajaran   yang
         ditemukan  oleh  pakar tersebut  dapat ditarik  kesimpulan,  bahwa
         strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan,
         cara  pengorganisasian  materi  pelajaran  dan  bahan,  serta  waktu
         yang  digunakan  untuk  mencapai  tujuan  pembelajaran  yang  telah
         ditentukan.
                 Perpaduan  dari  beberapa  komponen:  konsep  para  pakar
         (Dick  &  Carey,  1978);  Ely  &  Gerlach  (1980);  Reigeluth  (1983);
         Suparman  (1996);  dapat diadaptasi dan  diterapkan dalam  proses
         penyampaian     materi   pelajaran   sebagai   pijakan   untuk
         mengembangkan  PBK.      Dalam  proses  pembelajaran  yang
         menggunakan  komputer,  komponen-komponen  yang  ada  pada
         strategi  pembelajaran  yang  digunakan tidak jauh berbeda dengan



         248
   252   253   254   255   256   257   258   259   260   261   262