Page 257 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 257
Said, Pengembangan Strategl Pembelajaran Berbantuan ....
penting dikuasai agar guru dapat membantu siswa mencapai
tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
Strategi pembelajaran tidak hanya sekadar deskripsi
mengenai bahan pembelajaran yang disajikan untuk siswa,
melainkan juga menjelaskan komponen-komponen umum dari
prosedur suatu bahan pembelajaran yang akan digunakan untuk
mencapai hasil yang diinginkan (Dick & Carey, 1978). Sementara
itu, Ely & Gerlach (1980) menyatakan bahwa strategi
pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk
menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pengajaran
tertentu yang terdiri dari urutan kegiatan, metode, dan prosedur
yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa guna
mencapai tujuan pembelajaran lebih lanjut. Reigeluth (1983)
menyatakan bahwa strategi pembelajaran dapat diklafisikasikan
menjadi strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan
strategi pengelolaan. Sejalan dengan pendapat tersebut,
Suparman (1996) menyatakan bahwa strategi pembelajaran
terdiri dari empat komponen yaitu: urutan kegiatan pembelajaran,
metode pembelajaran, media pembelajaran, dan waktu. Dari
berbagai pengertian tentang strategi pembelajaran yang
ditemukan oleh pakar tersebut dapat ditarik kesimpulan, bahwa
strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan,
cara pengorganisasian materi pelajaran dan bahan, serta waktu
yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah
ditentukan.
Perpaduan dari beberapa komponen: konsep para pakar
(Dick & Carey, 1978); Ely & Gerlach (1980); Reigeluth (1983);
Suparman (1996); dapat diadaptasi dan diterapkan dalam proses
penyampaian materi pelajaran sebagai pijakan untuk
mengembangkan PBK. Dalam proses pembelajaran yang
menggunakan komputer, komponen-komponen yang ada pada
strategi pembelajaran yang digunakan tidak jauh berbeda dengan
248