Page 255 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 255
Said, Pengembangan Strategi Pembelajaran Berbantuan ....
dapat diartikan sebagai alat untuk menyampaikan materi
pelajaran. Menurut Hannafin & Peck (1980) program ini adalah
suatu paket bahan belajar atau aktivitas belajar yang disampaikan
melalui komputer. Sejalan dengan pendapat tersebut, Alfred Bork
( 1990) dalam Robert Taylor ( 1980) mengatakan karakteristik
penting dalam peralatan komputer yang digunakan untuk program
ini adalah fleksibilitas sistem dalam menangani input dan
informasi output. Penggunaan Progam PBK dalam dunia
pendidikan sangat bermanfaat dan efektif untuk meningkatkan
kualitas proses pembelajaran. Sementara itu, materi pelajaran
dapat ditetapkan tanpa harus menggantungkan sepenuhnya
kepada guru. Program PBK dapat diklasifikasikan menjadi tiga
model, yaitu: Pertama, komputer berfungsi sama dengan tutor.
Kedua, komputer berfungsi sama dengan a/at (tool). Ketiga,
komputer berfungsi sama dengan tutee atau siswa. Kerangka
berpikir untuk memahami aplikasi komputer dalam pendidikan
tergantung pada salah satu dari tiga model tersebut.
Dalam makalah ini, akan dijelaskan fungsi komputer
sebagai tutor. Untuk dapat berfungsi sebagai tutor dalam suatu
proses pembelajaran, komputer terlebih dahulu harus diprogram
oleh pakarnya (programmer) bekerja sama dengan pakar ahli
materi. Selanjutnya para siswa mengikuti tutorial melalui komputer
yang menyajikan program tersebut. Komputer menayangkan
materi pembelajaran tersebut dan siswa memberi respons,
kemudian komputer mengevaluasi respons tersebut. Dari hasil
evaluasi tersebut, komputer menentukan apa yang harus
ditayangkan selanjutnya
Dalam program yang berkualitas, program tutorial
tersebut dapat melakukan pencatatan lengkap mengenai kegiatan
pembelajaran dan hasil dari setiap siswa yang mengikuti tutorial.
Program tersebut mampu menayangkan berbagai rincian topik
dalam berbagai materi pembelajaran secara intensif. Di samping
246