Page 255 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 255

Said,  Pengembangan  Strategi Pembelajaran  Berbantuan ....



         dapat  diartikan  sebagai  alat  untuk  menyampaikan  materi
         pelajaran.  Menurut  Hannafin  &  Peck  (1980)  program  ini  adalah
         suatu paket bahan belajar atau aktivitas belajar yang disampaikan
         melalui komputer.  Sejalan dengan  pendapat tersebut,  Alfred  Bork
         ( 1990)  dalam  Robert  Taylor  ( 1980)  mengatakan  karakteristik
         penting dalam peralatan komputer yang  digunakan untuk program
         ini  adalah  fleksibilitas  sistem  dalam  menangani  input  dan
         informasi  output.  Penggunaan  Progam  PBK  dalam  dunia
         pendidikan  sangat  bermanfaat  dan  efektif  untuk  meningkatkan
         kualitas  proses  pembelajaran.  Sementara  itu,  materi  pelajaran
         dapat  ditetapkan  tanpa  harus  menggantungkan  sepenuhnya
         kepada  guru.  Program  PBK  dapat  diklasifikasikan  menjadi  tiga
         model,  yaitu:  Pertama,  komputer  berfungsi  sama  dengan  tutor.
         Kedua,  komputer  berfungsi  sama  dengan  a/at  (tool).  Ketiga,
         komputer  berfungsi  sama  dengan  tutee  atau  siswa.  Kerangka
         berpikir  untuk  memahami  aplikasi  komputer  dalam  pendidikan
         tergantung pada salah satu dari tiga model tersebut.
                Dalam  makalah  ini,  akan  dijelaskan  fungsi  komputer
         sebagai  tutor.  Untuk  dapat  berfungsi  sebagai  tutor  dalam  suatu
         proses  pembelajaran,  komputer  terlebih  dahulu  harus  diprogram
         oleh  pakarnya  (programmer)  bekerja  sama  dengan  pakar  ahli
         materi.  Selanjutnya para siswa mengikuti tutorial melalui komputer
         yang  menyajikan  program  tersebut.  Komputer  menayangkan
         materi  pembelajaran  tersebut  dan  siswa  memberi  respons,
         kemudian  komputer  mengevaluasi  respons  tersebut.  Dari  hasil
         evaluasi  tersebut,  komputer  menentukan  apa  yang  harus
         ditayangkan selanjutnya
                Dalam  program  yang  berkualitas,  program  tutorial
         tersebut dapat melakukan pencatatan lengkap mengenai kegiatan
         pembelajaran  dan  hasil  dari  setiap  siswa  yang  mengikuti  tutorial.
         Program  tersebut  mampu  menayangkan  berbagai  rincian  topik
         dalam  berbagai  materi  pembelajaran  secara  intensif.  Di  samping



         246
   250   251   252   253   254   255   256   257   258   259   260