Page 258 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 258
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembe-
lajaran pada umumnya (klasikal). Selanjutnya berikut ini akan
diuraikan dua komponen dari strategi PBK. Komponen tersebut
adalah 1) urutan kegiatan pembelajaran dan 2) metode
pembelajaran. Kedua komponen tersebut adalah dasar dalam
mengembangkan PBK yang berkualitas, yaitu:
1. Urutan Kegiatan Pembelajaran (UKP)
Strategi pembelajaran yang menggunakan Urutan
Kegiatan Pembelajaran (UKP) secara sistematis memiliki potensi
untuk memudahkan siswa belajar. Urutan yang sistematis sangat
penting karena ia menunjukkan urutan-urutan yang perlu diikuti
dalam menyajikan suatu materi dan diarahkan sebagai suatu
penataan secara utuh.
Menu rut Alessi & Trollip ( 1991) agar proses PBK lebih
efektif UKP harus dipresentasikan berdasarkan empat fase, yaitu
fase pertama: mempresentasikan informasi, fase kedua: mem-
bimbing siswa, fase ketiga: praktek oleh siswa, dan fase
keempat: menilai pembelajaran siswa.
Fase pertama: mempresentasikan informasi. Model yang
diawali dengan presentasi informasi kepada siswa lebih efisien
dan sangat berhasil. Pada fase ini program yang berisi informasi
mengajarkan sesuatu yang baru kepada siswa. Ada empat faktor
yang perlu diperhatikan dalam menyajikan informasi, yaitu 1)
informasi yang diberikan harus dikembangkan berdasarkan
Tujuan lnstruksional Khusus (TIK), 2) jumlah informasi yang
pertama-tama dipresentasikan berdasarkan kematangan siswa, 3)
isi informasi yang akan dijelaskan harus dipertimbangkan dari
yang mudah menuju yang lebih sulit atau lebih kompleks, dan 4)
contoh-contoh yang diberikan harus relevan dengan isi pelajaran.
Kesalahan yang sering dilakukan selama ini adalah menyajikan
249