Page 259 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 259

Said,  Pengembangan Strategi Pembelajaran  Berbantuan ....



         informasi   terlalu   banyak   yang   sebahagian   besar  tidak
         berhubungan dengan TIK.
                 Fase   kedua:   membimbing  siswa.   Tindakan   aktif
         dilaksanakan  baik  oleh  program  maupun  siswa.  Setelah
         menelaah  informasi,  siswa  harus  mempraktikkannya  di  bawah
         bimbingan  program.  Siswa  menjawab  pertanyaan-pertanyaan
         mengenai    informasi   yang   disajikan   oleh   program   dan
         menerapkan  kaidah-kaidah  dan  prinsip-prinsip  dalam  kegiatan
         penyelesaian  masalah.  Dalam  setiap  hal,  program  secara  terus-
         menerus    mengobservasi    siswa,   mengoreksi   kesalahan-
         kesalahan,  atau  memberi  himbauan  dan  isyarat-isyarat.  Jika
         siswa  mempraktikkan  suatu  keterampilan  (skill)  dengan  salah,
         program  harus  memberikan  contoh  bagaimana  prosedur  yang
         benar.  Jika  siswa  memperlihatkan  kesalahpahaman  dari  konsep-
         konsep  atau  prinsip,  program  mencoba  mengerti  tentang
         kebingungan  siswa  dan  membantunya.  Bimbingan  penting  dalam
         proses  pembelajaran  sebab tidak ada  siswa  yang  tidak  membuat
         kesalahan pada waktu pertama kali informasi diberikan.  Seringkali
         siswa  tidak  menyadari  bahwa  mereka  telah  berbuat  kesalahan.
         Dengan  demikian  sangat  penting  untuk  membuat siswa  tersebut
         sadar,  sehingga  dapat  mengoreksi  kesalahannya.  Pada  tahap
         kedua  ini  siswa  mencoba  menerapkan  pengetahuan  baru,
         sedangkan program mengoreksi dan membimbing siswa.
                 Fase  ketiga:  praktik  oleh  siswa.  Program  menyajikan
         keaktifan  siswa  dan  siswa  menjadi  pusat  perhatian.  Proses
         pembelajaran  tidak  sempurna jika  siswa  tidak  melakukan  praktik.
         Praktik  harus  dilakukan  berulang-ulang  oleh  siswa  agar  mereka
         memahami  dan  menguasai  materi.  Siswa  harus  mampu
         melakukan  praktik  dengan  cepat dan  terampil  walaupun  kadang-
         kadang  siswa  menjadi  bingung  karena  melakukan  segelintir
         kesalahan  atau  tidak  ada  kesalahan.  Mempraktikkan  suatu
         kemampuan (skill)  sekali  saja  atau  menjawab sebuah  pertanyaan



         250
   254   255   256   257   258   259   260   261   262   263   264