Page 264 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 264

PENDIDIKAN TINGGI  JARAK JAUH




















                                  Gambar 2
               Susunan Umum dan Alur Metode Pembelajaran Tutorial
                      ( Adaptasi Dari Alessi &  Trollip,  1991 ).


               Gambar  di  atas  memperlihatkan  susunan  secara  umum
        urutan  MP  Tutorial  dalam  mengembangkan  Program  PBK.  Dari
        seluruh  aktivitas  tersebut,  tidak  semua  komponen  pembelajaran
        saling  terkait  satu  sama  lain.  Rantai  tersebut  berlanjut  sampai
        pelajaran  diakhiri  oleh  siswa  atau  programnya.  Selanjutnya
        komponen-komponen  pembelajaran  tersebut  dijelaskan  sebagai
        berikut ini.


        ( 1) Pengantar Tutorial.
            Yang  relevan  dengan  faktor-faktor  yang  berkaitan  dengan
            pengantar  tutorial  adalah   "halaman  judul".  Semua  proses
            pembelajaran  berawal  dengan  halaman judul  yang  bertujuan
            untuk menarik perhatian siswa.  Halaman judul terdiri dari judul
            singkat  dan  nama  pengembang  program.  Setelah  halaman
            judul,   ada   pernyataan  "tujuan"  untuk  siswa.   Tujuan
            dicantumkan  dengan  pernyataan  perilaku  yang  lengkap
            Tujuan  mempunyai  fungsi  penting,   yaitu  agar  siswa
            termotivasi  untuk belajar.  Fungsi  ini  penting  untuk dipertahan-




                                                                255
   259   260   261   262   263   264   265   266   267   268   269