Page 267 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 267
Said, Pengembangan Strategi Pembelajaran Berbantuan ....
lain. Faktor yang mempengaruhi kualitas suatu tutorial
adalah panjangnya presentasi informasi. Presentasi harus
pendek agar dapat meningkatkan frekuensi interaksi
siswa. Semakin kompleks informasi maka semakin
penting membaginya menjadi langkah-langkah dalam
unit-unit kecil. Setiap langkah berisi kegiatan siswa.
Selain itu, diperhitungkan teks yang berkelap kelip, yaitu
pertukaran warna latar belakang dengan latar depan
secara terus-menerus untuk menciptakan ilusi. Teks yang
berkelap-kelip seharusnya tidak digunakan karena akan
mengganggu dan membuat teks sukar dibaca. Kedip
tidak disarankan untuk menyajikan informasi dalam
bentuk pelajaran. Susunan tata teks (tata letak) yang
berkaitan dengan huruf besar atau tulisan yang terbalik
membuat teks sukar dibaca. Membantu menggunakan
kotak dan panah adalah cara yang lebih efektif. Menurut
Konsorsium Pendidikan Minnesota (1981), ada perbeda-
an pendapat di antara para perancang pembelajaran
mengenai apakah tata letak harus selalu konsisten dalam
satu pelajaran ataukah bervariasi. Salah satu pihak
berpendapat bahwa tata letak yang bervariasi membuat
pelajaran lebih menarik dan menambah perhatian siswa.
Pada pihak lain, pendukung konsistensi mempertahan-
kannya karena menganggapnya lebih penting; motivasi
dan atensi dapat dan harus dipertahankan, tetapi melalui
alat lain bukan dari tata letak teks.
b) Penyajian lnformasi Melalui Visual. llustrasi visual
biasanya berisi simbol-simbol yang menunjukkan arti
suatu objek. Penggunaan ilustrasi visual memberikan
kontribusi sebagai berikut: (a) bahan belajar lebih
menarik; (b) materi pelajaran dapat diingat lebih lama;
dan (c) pengalaman belajar menjadi lebih konkret.
258