Page 267 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 267

Said, Pengembangan Strategi Pembelajaran  Berbantuan ....



                lain.  Faktor  yang  mempengaruhi  kualitas  suatu  tutorial
                adalah panjangnya presentasi informasi.  Presentasi harus
                pendek  agar  dapat  meningkatkan  frekuensi  interaksi
                siswa.  Semakin  kompleks  informasi  maka  semakin
                penting  membaginya  menjadi  langkah-langkah  dalam
                unit-unit  kecil.  Setiap  langkah  berisi  kegiatan  siswa.
                Selain  itu,  diperhitungkan teks  yang  berkelap  kelip,  yaitu
                pertukaran  warna  latar  belakang  dengan  latar  depan
                secara terus-menerus untuk menciptakan ilusi.  Teks yang
                berkelap-kelip  seharusnya  tidak  digunakan  karena  akan
                mengganggu  dan  membuat  teks  sukar  dibaca.  Kedip
                tidak  disarankan  untuk  menyajikan  informasi  dalam
                bentuk  pelajaran.  Susunan  tata  teks  (tata  letak)  yang
                berkaitan  dengan  huruf  besar  atau  tulisan  yang  terbalik
                membuat  teks  sukar  dibaca.  Membantu  menggunakan
                kotak  dan  panah  adalah  cara  yang  lebih  efektif.  Menurut
                Konsorsium  Pendidikan  Minnesota (1981),  ada  perbeda-
                an  pendapat  di  antara  para  perancang  pembelajaran
                mengenai apakah tata  letak harus selalu  konsisten dalam
                satu  pelajaran  ataukah  bervariasi.  Salah  satu  pihak
                berpendapat  bahwa  tata  letak  yang  bervariasi  membuat
                pelajaran  lebih  menarik  dan  menambah  perhatian  siswa.
                Pada  pihak  lain,  pendukung  konsistensi  mempertahan-
                kannya  karena  menganggapnya  lebih  penting;  motivasi
                dan  atensi  dapat dan  harus dipertahankan,  tetapi  melalui
                alat lain bukan dari tata letak teks.
            b)  Penyajian  lnformasi  Melalui  Visual.  llustrasi  visual
                biasanya  berisi  simbol-simbol  yang  menunjukkan  arti
                suatu  objek.  Penggunaan  ilustrasi  visual  memberikan
                kontribusi  sebagai  berikut:  (a)  bahan  belajar  lebih
                menarik;  (b)  materi  pelajaran  dapat  diingat  lebih  lama;
                dan  (c)  pengalaman  belajar  menjadi  lebih  konkret.



         258
   262   263   264   265   266   267   268   269   270   271   272