Page 271 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 271
Said, Pengembangan Strategi Pembelajaran Berbantuan ....
benar. Contohnya "Kamu telah mengerjakan dengan hebat"
atau dengan "gambar animasi yang menarik". Bagaimanapun
pengakuan harus divariasikan dan tidak memakan banyak
waktu. (c) umpan balik mengikuti respons yang netra/; untuk
respons yang tidak benar dan tidak salah, seperti ketika
menanyakan nama, maka umpan balik yang diberikan seperti
"ucapan terima kasih". (d) umpan balik mengikuti yang sa/ah;
umpan balik harus positif, harus menghindari pernyataan
yang negatif. Umpan balik harus disediakan bagi siswa
dengan informasi untuk memperbaiki kesalahan mereka.
Umpan balik yang diberikan untuk memperbaiki kesalahan
dibuat semenarik mungkin agar siswa bisa dipacu
perhatiannya dalam memahami pelajarannya. Pada
umumnya, jenis-jenis umpan balik adalah untuk memberikan
jawaban yang benar. Beberapa jenis umpan balik misalnya,
seperti teks memberikan umpan balik dengan kata-kata,
grafik, memberikan umpan balik dengan grafik. (e) perbaikan;
umpan balik pada umumnya menggambarkan atau memberi
informasi dari suatu respons. Perbaikan yang paling umum
adalah mengulang informasi, kemudian mengulang yang lama
secara terperinci. Misalnya, dengan bentuk gambar atau
berlatih dengan materi yang lebih mudah.
Program PBK yang berkualitas dikembangkan sedemiki-
an rupa, mengikuti alur dari komponen-komponen yang terdapat
dalam MP tutorial seperti yang terlihat dalam gambar terdahulu. D
262