Page 271 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 271

Said,  Pengembangan  Strategi Pembelajaran  Berbantuan ....



             benar.  Contohnya  "Kamu  telah  mengerjakan  dengan  hebat"
             atau  dengan  "gambar animasi yang menarik".  Bagaimanapun
             pengakuan  harus  divariasikan  dan  tidak  memakan  banyak
             waktu.  (c)  umpan  balik  mengikuti respons  yang  netra/;  untuk
             respons  yang  tidak  benar  dan  tidak  salah,  seperti  ketika
             menanyakan nama,  maka umpan  balik yang  diberikan  seperti
             "ucapan  terima  kasih".  (d)  umpan  balik mengikuti yang sa/ah;
             umpan  balik  harus  positif,  harus  menghindari  pernyataan
             yang  negatif.  Umpan  balik  harus  disediakan  bagi  siswa
             dengan  informasi  untuk  memperbaiki  kesalahan  mereka.
             Umpan  balik  yang  diberikan  untuk  memperbaiki  kesalahan
            dibuat  semenarik   mungkin   agar  siswa   bisa   dipacu
             perhatiannya   dalam   memahami     pelajarannya.   Pada
             umumnya,  jenis-jenis  umpan  balik  adalah  untuk  memberikan
            jawaban  yang  benar.  Beberapa  jenis  umpan  balik  misalnya,
            seperti  teks  memberikan  umpan  balik  dengan  kata-kata,
             grafik,  memberikan  umpan  balik  dengan grafik.  (e)  perbaikan;
             umpan  balik  pada  umumnya  menggambarkan  atau  memberi
            informasi  dari  suatu  respons.  Perbaikan  yang  paling  umum
            adalah mengulang informasi, kemudian mengulang yang lama
            secara  terperinci.  Misalnya,  dengan  bentuk  gambar  atau
            berlatih dengan materi yang  lebih mudah.


                Program  PBK  yang  berkualitas  dikembangkan  sedemiki-
         an  rupa,  mengikuti  alur  dari  komponen-komponen  yang  terdapat
         dalam MP tutorial seperti yang terlihat dalam gambar terdahulu.  D













         262
   266   267   268   269   270   271   272   273   274   275   276