Page 276 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 276

PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH



        A.  Rasional Penggunaan Media lnteraktif dalam
            SPJJ
                Pada  dasarnya,  kegiatan  pembelajaran   selalu  diikuti
        dengan  proses  komunikasi.  Dalam  proses  komunikasi  tersebut,
        pengajar  sebagai  sumber pesan  selalu  berupaya  menyampaikan
        atau mengkomunikasikan informasi yang dimiliki kepada pebelajar
        sebagai  penerima  pesan,  dengan  harapan  agar  sesuatu  yang
        dimilikinya itu akan menjadi  milik penerima pesan.
                Namun  dalam  praktiknya,  saat  komunikasi  itu  terjadi
        tidaklah  semudah  yang  dibayangkan.  Pengalaman  menunjukkan
        bahwa  dalam  proses  komunikasi  tersebut,  sering  terjadi
        hambatan  atau  bahkan  penyimpangan  sehingga  menjadi  tidak
        efektif dan efisien.
                Dalam  SPJJ,  pesan  yang  disampaikan  pengajar  kepada
        peserta  didik  umumnya  dilakukan  melalui  perantaraan  media
        instruksional.  Sementara itu,  dalam pelaksanaan  SPJJ  salah  satu
        karakteristik  yang  paling  menonjol  adalah  keterbatasan  interaksi"
        tatap  muka  antara  peserta  didik dengan  pengajar yang  berfungsi
        sebagai sumber pesan (informasi) dan  sumber ilmu  pengetahuan.
        Dengan  keterbatasan  ini,  interaksi  antara  pengajar  dan  peserta
        didik  yang  hanya  didasarkan  tatap  muka,  menjadi  relatif  kecil.
        Dengan  begitu  umpan  balik  yang  diterima  peserta  didik  tentang
        hasil  belajarnya  menjadi  minim.  Padahal,  umpan  balik  dalam
        penyelenggaraan SPJJ  memegang peranan  yang  sangat penting.
        Pengalaman  menunjukkan  bahwa  akibat  rendahnya  intensitas
        pemberian  umpan  balik,  masalah  muncul  dalam  proses  belajar,
        seperti:  ketidaktahuan  peserta  didik  terhadap  hasil  belajar  yang
        telah  ditempuhnya,  kesalahan  yang  dilakukan,  dan  perbaikan
        yang  harus mereka lakukan.  Peserta didik yang  tidak mengetahui
        hasil  belajar  yang  telah  mereka  tempuh  dapat  mengalami
        penurunan   motivasi   belajar,   yang   pada  akhirnya  dapat



                                                                267
   271   272   273   274   275   276   277   278   279   280   281