Page 281 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 281
Krisnadi, Pembelajaran Berbantuan ....
memiliki kemampuan untuk mengakomodasi perbedaan peserta
didik.
Penggunaan perangkat komputer dalam program PBK
lebih diarahkan untuk membuat pengguna terikat pada interaksi
dua arah dengan komputer. Menurut Kaput dan Thompson
(1994), PBK diartikan sebagai bentuk pembelajaran yang
menempatkan komputer dalam peran pengajar. Dalam
pandangan Suharjo (dalam Sudarman, 2002), penggunaan
program PBK berkaitan langsung dengan pemanfaatan komputer
dalam proses belajar-mengajar di dalam maupun di luar kelas,
baik secara individu maupun kelompok. Sedangkan menurut
Heinich (1996), PBK adalah suatu program pembelajaran yang
dibuat dalam sistem komputer, yaitu materi sudah diprogram
langsung untuk penggunanya. Materi pelajaran yang sudah
terprogram dapat disajikan secara serempak dalam gambar,
tulisan, warna, dan suara.
Dari beberapa pendapat para ahli pendidikan di atas,
dapatlah disimpulkan bahwa penggunaan komputer dalam
program PBK mengacu atau lebih diarahkan pada penggunaan
komputer sebagai "sarana atau media", yang dapat membantu
tugas pengajar dalam menanamkan suatu konsep kepada peserta
didik, serta melatih peserta didik untuk meningkatkan
keterampilan yang dikehendaki. Dalam PBK, peran pengajar saat
menyampaikan suatu materi dapat diganti oleh komputer. Dengan
kelebihannya, komputer mempunyai kemampuan untuk mengisi
berbagai kekurangan yang terdapat pada pengajar.
Program PBK mempunyai 2 (dua) karakteristik. Pertama,
PBK merupakan media ganda yang terintegrasi yang dapat
menyajikan suatu paket bahan ajar (tutorial) yang berisi
komponen visual dan suara secara bersamaan. Kedua, PBK
mempunyai komponen inteligensi yang membuat PBK bersifat
interaktif dan mampu memproses data atau memberi jawaban
272