Page 281 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 281

Krisnadi,  Pembelajaran  Berbantuan ....



          memiliki  kemampuan  untuk  mengakomodasi  perbedaan  peserta
          didik.
                 Penggunaan  perangkat  komputer  dalam  program  PBK
          lebih  diarahkan  untuk  membuat  pengguna  terikat  pada  interaksi
          dua  arah  dengan  komputer.  Menurut  Kaput  dan  Thompson
          (1994),  PBK  diartikan  sebagai  bentuk  pembelajaran  yang
          menempatkan    komputer   dalam   peran   pengajar.   Dalam
          pandangan  Suharjo  (dalam  Sudarman,  2002),  penggunaan
          program  PBK  berkaitan  langsung  dengan  pemanfaatan  komputer
          dalam  proses  belajar-mengajar  di  dalam  maupun  di  luar  kelas,
          baik  secara  individu  maupun  kelompok.  Sedangkan  menurut
          Heinich  (1996),  PBK  adalah  suatu  program  pembelajaran  yang
          dibuat  dalam  sistem  komputer,  yaitu  materi  sudah  diprogram
          langsung  untuk  penggunanya.  Materi  pelajaran  yang  sudah
          terprogram  dapat  disajikan  secara  serempak  dalam  gambar,
          tulisan, warna,  dan suara.
                 Dari  beberapa  pendapat  para  ahli  pendidikan  di  atas,
          dapatlah  disimpulkan  bahwa  penggunaan  komputer  dalam
          program  PBK  mengacu  atau  lebih  diarahkan  pada  penggunaan
          komputer  sebagai  "sarana  atau  media",  yang  dapat  membantu
          tugas pengajar dalam menanamkan suatu konsep kepada peserta
          didik,   serta   melatih   peserta   didik   untuk   meningkatkan
          keterampilan  yang  dikehendaki.  Dalam  PBK,  peran  pengajar saat
          menyampaikan suatu materi dapat diganti oleh komputer.  Dengan
          kelebihannya,  komputer  mempunyai  kemampuan  untuk  mengisi
          berbagai kekurangan yang terdapat pada pengajar.
                 Program  PBK  mempunyai  2 (dua)  karakteristik.  Pertama,
          PBK  merupakan  media  ganda  yang  terintegrasi  yang  dapat
          menyajikan  suatu  paket  bahan  ajar  (tutorial)  yang  berisi
          komponen  visual  dan  suara  secara  bersamaan.  Kedua,  PBK
          mempunyai  komponen  inteligensi  yang  membuat  PBK  bersifat
          interaktif  dan  mampu  memproses  data  atau  memberi  jawaban



          272
   276   277   278   279   280   281   282   283   284   285   286