Page 279 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 279
Krisnadi, Pembelajaran Berbantuan ....
diperintahkan untuk melakukan perhitungan-perhitungan
berdasarkan bentuk operasi yang telah ditentukan secara
berulang-ulang, tanpa menunjukkan kebosanan ataupun
kemarahan. Perhitungan-perhitungan tersebut dilakukan
dengan cara yang tepat. Dengan kata lain, komputer dapat
secara tepat menentukan ketepatan suatu operasi dan
menghasilkan perhitungan yang akurat.
3. mengkombinasikan tulisan, warna, gerak (animasi), suara,
dan video, serta memuat suatu "kepintaran" yang sanggup
menyajikan proses interaktif.
Suara, warna, dan gerak merupakan komponen dasar dalam
kehidupan sehari-hari yang disenangi oleh setiap orang. Tiga
komponen ini pun dimiliki komputer yang penggunaan-nya
nanti sangat diperlukan untuk menyajikan proses dan hasil
ilmu pengetahuan. Dengan ketiga komponen itu juga,
komputer mampu dengan baik menyajikan konsep-konsep
sulit dan abstrak menjadi mudah dan konkret. Ada satu hal
lagi kemampuan komputer yang tidak dimiliki media lainnya
seperti: TV, tape recorder, radio, dan video, yaitu suatu
kepintaran yang ada pada komputer yang sanggup
menyajikan proses pembelajaran menjadi bersifat interaktif.
Dengan berbagai kemampuannya itu, dapatlah dikatakan
bahwa komputer merupakan medium yang memiliki potensi untuk
digunakan sebagai media pembelajaran yang bersifat interaktif.
C. Teknologi Berbasis Komputer dan Program
PBK
Dalam bidang pendidikan, penggunaan teknologi berbasis
komputer merupakan cara untuk menghasilkan atau
menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber
270