Page 279 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 279

Krisnadi,  Pembelajaran  Berbantuan ....


            diperintahkan  untuk  melakukan  perhitungan-perhitungan
            berdasarkan  bentuk  operasi  yang  telah  ditentukan  secara
            berulang-ulang,  tanpa  menunjukkan  kebosanan  ataupun
            kemarahan.   Perhitungan-perhitungan  tersebut  dilakukan
            dengan  cara  yang  tepat.  Dengan  kata  lain,  komputer  dapat
            secara  tepat  menentukan  ketepatan  suatu  operasi  dan
            menghasilkan perhitungan yang akurat.
         3.  mengkombinasikan  tulisan,  warna,  gerak  (animasi),  suara,
            dan  video,  serta  memuat  suatu  "kepintaran"  yang  sanggup
            menyajikan proses interaktif.
            Suara,  warna,  dan  gerak merupakan  komponen  dasar dalam
            kehidupan  sehari-hari  yang  disenangi oleh  setiap orang.  Tiga
            komponen  ini  pun  dimiliki  komputer  yang  penggunaan-nya
            nanti  sangat  diperlukan  untuk  menyajikan  proses  dan  hasil
            ilmu  pengetahuan.  Dengan  ketiga  komponen  itu  juga,
            komputer  mampu  dengan  baik  menyajikan  konsep-konsep
            sulit  dan  abstrak  menjadi  mudah  dan  konkret.  Ada  satu  hal
            lagi  kemampuan  komputer  yang  tidak  dimiliki  media  lainnya
            seperti:  TV,  tape  recorder,  radio,  dan  video,  yaitu  suatu
            kepintaran  yang  ada  pada  komputer  yang  sanggup
            menyajikan proses pembelajaran menjadi bersifat interaktif.

                Dengan  berbagai  kemampuannya  itu,  dapatlah  dikatakan
         bahwa komputer merupakan medium yang  memiliki potensi  untuk
         digunakan sebagai media pembelajaran yang  bersifat interaktif.


         C.  Teknologi Berbasis Komputer dan Program
            PBK
                Dalam bidang pendidikan,  penggunaan teknologi berbasis
         komputer   merupakan    cara   untuk   menghasilkan    atau
         menyampaikan  materi  dengan  menggunakan  sumber-sumber



         270
   274   275   276   277   278   279   280   281   282   283   284