Page 283 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 283

Krisnadi,  Pembelajaran Berbantuan ....



             (sebagai  relevansi)  Setelah  itu,  barulah  tutor  menyampaikan
             materi tutorial dengan pendekatan tertentu.
             Dalam  merancang  interaksi  yang  berbentuk  tutorial,  pada
             waktu  berlangsung  atau  setelah  menyampaikan  materi,
             biasanya  diikuti  dengan  pemberian  soal  atau  latihan  serta
             kasus.  Jawaban  pengguna terhadap  soal  dan  kasus  tersebut
             akan dianalisis oleh komputer,  dan seketika itu juga komputer
             akan  memberikan  respons  dan  memberikan  umpan  balik
             terhadap  hasil  belajar  pengguna.  Dalam  interaksi  tutorial  ini,
             informasi   dan   pengetahuan   yang   disajikan   sangat
             komunikatif, seolah-olah ada pengajar yang berdiri di samping
             peserta   didik   yang   memberikan    pengarahan    dan
             pembimbingan secara langsung kepada peserta didik.
             Pola  pembelajaran  pada  interaksi  yang  berbentuk  tutorial  ini
             biasanya  dirancang  secara  bercabang.  Peserta  didik  dapat
             diberi  kesempatan  untuk  memilih  topik-topik  pembelajaran
             yang  ingin  dipelajari  dalam  suatu  subjek  pelajaran  tertentu.
             Namun  secara  umum,  penyajian  informasi atau  materi  dapat
             dikelompokkan  menjadi  4  (empat)  tipe  penyajian,  yaitu:
             informasi verbal,  konsep, aturan prinsip, dan keterampilan.


         2.  Praktik dan Latihan

             Rancangan  pembelajaran  yang  berbentuk  praktik  dan  latihan
             ini  disajikan  untuk  melatih  peserta  didik  menggunakan
             konsep,  aturan,  atau  prosedur  yang  telah  diajarkan
             sebelumnya.  Diasumsikan  peserta  didik  telah  mempelajari
             konsep,  prinsip,  dan  prosedur  sebagai  materi  pelajaran.
             Melalui  serangkaian  contoh  atas  konsep  dan  pengetahuan
             yang  telah  dipelajari,  peserta  didik  diberi  kesempatan  untuk
             berlatih  agar  terampil  dalam  menerapkan  konsep  dan
             pengetahuan tersebut.



         274
   278   279   280   281   282   283   284   285   286   287   288