Page 283 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 283
Krisnadi, Pembelajaran Berbantuan ....
(sebagai relevansi) Setelah itu, barulah tutor menyampaikan
materi tutorial dengan pendekatan tertentu.
Dalam merancang interaksi yang berbentuk tutorial, pada
waktu berlangsung atau setelah menyampaikan materi,
biasanya diikuti dengan pemberian soal atau latihan serta
kasus. Jawaban pengguna terhadap soal dan kasus tersebut
akan dianalisis oleh komputer, dan seketika itu juga komputer
akan memberikan respons dan memberikan umpan balik
terhadap hasil belajar pengguna. Dalam interaksi tutorial ini,
informasi dan pengetahuan yang disajikan sangat
komunikatif, seolah-olah ada pengajar yang berdiri di samping
peserta didik yang memberikan pengarahan dan
pembimbingan secara langsung kepada peserta didik.
Pola pembelajaran pada interaksi yang berbentuk tutorial ini
biasanya dirancang secara bercabang. Peserta didik dapat
diberi kesempatan untuk memilih topik-topik pembelajaran
yang ingin dipelajari dalam suatu subjek pelajaran tertentu.
Namun secara umum, penyajian informasi atau materi dapat
dikelompokkan menjadi 4 (empat) tipe penyajian, yaitu:
informasi verbal, konsep, aturan prinsip, dan keterampilan.
2. Praktik dan Latihan
Rancangan pembelajaran yang berbentuk praktik dan latihan
ini disajikan untuk melatih peserta didik menggunakan
konsep, aturan, atau prosedur yang telah diajarkan
sebelumnya. Diasumsikan peserta didik telah mempelajari
konsep, prinsip, dan prosedur sebagai materi pelajaran.
Melalui serangkaian contoh atas konsep dan pengetahuan
yang telah dipelajari, peserta didik diberi kesempatan untuk
berlatih agar terampil dalam menerapkan konsep dan
pengetahuan tersebut.
274