Page 286 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 286

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK JAUH



           membuat keputusan  yang  dapat menguntungkan perusahaan
           akan  keluar  sebagai  pemenangnya.  Sarna  halnya  dengan
           program  interaktif  lain,  maka  permainan  harus  mengandung
           tingkat  kesulitan  tertentu  dan  memberikan  umpan  balik
           terhadap  tanggapan  yang  dikemukakan  oleh  peserta  didik
           Dalam  metode  ini,  umpan  balik  diberikan  dalam  bentuk  skor
           atau  nilai  standar  yang  dicapai  setelah  menyelesaikan
           serangkaian permainan.


        5.  Penemuan

           Penemuan     adalah    istilah   yang   digunakan   untuk
           menggantikan  istilah  pendekatan  induktif  dalam  proses
           belajar.  Model  interaksi  yang  dirancang  menurut  pola
           penemuan  umumnya  menayangkan  masalah-masalah  yang
           harus  dipecahkan  oleh  peserta  didik  melalui  percobaan  yang
           bersifat coba-coba dan salah.
           Dalam  pengajaran  yang  berbentuk  penemuan,  peserta  didik
           dapat  mencari  informasi  dan  membuat  kesimpulan  dari
           sejumlah  informasi  yang  telah  dipelajarinya,  dan  juga  dari
           proses  yang  telah  dilakukannya.  Kemudian  peserta  didik
           menemukan  konsep  dan  pengetahuan  baru  yang  belum
           pernah dipelajari sebelumnya.
           Menurut  metode  ini,  bentuk  sajian  pembelajaran  terutama
           sangat  cocok  diterapkan  pada  bidang  studi  yang  bersifat
           eksak,  namun,  dimungkinkan  pula  untuk  ilmu-ilmu  lain  yang
           bersifat noneksak.


        6.  Pemecahan Masalah

           Bentuk  interaksi  seperti  ini  memberi  kemungkinan  kepada
           peserta   didik   untuk   melatih   kemampuannya   dalam



                                                                277
   281   282   283   284   285   286   287   288   289   290   291