Page 286 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 286
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK JAUH
membuat keputusan yang dapat menguntungkan perusahaan
akan keluar sebagai pemenangnya. Sarna halnya dengan
program interaktif lain, maka permainan harus mengandung
tingkat kesulitan tertentu dan memberikan umpan balik
terhadap tanggapan yang dikemukakan oleh peserta didik
Dalam metode ini, umpan balik diberikan dalam bentuk skor
atau nilai standar yang dicapai setelah menyelesaikan
serangkaian permainan.
5. Penemuan
Penemuan adalah istilah yang digunakan untuk
menggantikan istilah pendekatan induktif dalam proses
belajar. Model interaksi yang dirancang menurut pola
penemuan umumnya menayangkan masalah-masalah yang
harus dipecahkan oleh peserta didik melalui percobaan yang
bersifat coba-coba dan salah.
Dalam pengajaran yang berbentuk penemuan, peserta didik
dapat mencari informasi dan membuat kesimpulan dari
sejumlah informasi yang telah dipelajarinya, dan juga dari
proses yang telah dilakukannya. Kemudian peserta didik
menemukan konsep dan pengetahuan baru yang belum
pernah dipelajari sebelumnya.
Menurut metode ini, bentuk sajian pembelajaran terutama
sangat cocok diterapkan pada bidang studi yang bersifat
eksak, namun, dimungkinkan pula untuk ilmu-ilmu lain yang
bersifat noneksak.
6. Pemecahan Masalah
Bentuk interaksi seperti ini memberi kemungkinan kepada
peserta didik untuk melatih kemampuannya dalam
277