Page 288 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 288

PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH



         yang  ada  sebagai  desain  hibrida  (menggabungkan  beberapa
         bentuk  interaksi)  agar  nampak  lebih  menarik.  Misalnya,
         penggabungan  antara  metode  tutorial  dengan  pemecahan
         masalah atau penemuan.
                Program    pembelajaran    yang   dirancang   dengan
         menggunakan  komputer  telah  memainkan  peranan  yang  sangat
         penting.  Dari  berbagai  studi  tentang  penggunaan  komputer
         sebagai  media  untuk  menyampaikan  materi  pelajaran  dalam
         pembelajaran,  cenderung  disimpulkan  bahwa  belajar  dengan
         menggunakan  program  PBK  akan  lebih  meningkatkan  prestasi
         belajar  dibandingkan  dengan  paket  pengajaran  lainnya.  (Nejad,
         Chuang,  dan  Hwang  dalam  Surjono,  H.D.,  1999)  Dalam  studi
         meta  analisisnya  terhadap  hasil  penelitian  tentang  efektifitas
         program  PBK selama  25  tahun,  Kulik  dkk.  (dalam  Surjono,  H.D.,
         1999)  menyimpulkan  bahwa:  1)  peserta  didik  bela jar  ban yak
         materi  dari  komputer  (melalui  program  PBK),  2)  peserta  didik
         mengingat  apa  yang  telah  dipelajari  melalui  program  PBK  lebih
         lama,  3)  peserta  didik  membutuhkan  waktu  lebih  sedikit,  4)
         peserta  didik  betah  berlama-lama  di  kelas,  dan  5)  mereka
         memiliki sikap lebih positif terhadap komputer.


         E.  Program PBK Sebagai Alat Bantu Pembelajaran
             Untuk Membimbing Proses Belajar

                Kualitas  pembelajaran  selalu  terkait dengan  penggunaan
         metode  pembelajaran  yang  optimal  untuk  mencapai  tujuan
         pembelajaran.  lni  berarti,  untuk  mencapai  kualitas  pembelajaran
         yang  tinggi,  materi  pelajaran  atau  bahan  ajar  yang  ingin
         disampaikan  kepada  peserta  didik  harus  diorganisasi  dengan
         strategi  pengorganisasian  yang  tepat,  kemudian  disampaikan
         kepada siswa dengan strategi penyampaian yang tepat pula.





                                                                 279
   283   284   285   286   287   288   289   290   291   292   293