Page 288 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 288
PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH
yang ada sebagai desain hibrida (menggabungkan beberapa
bentuk interaksi) agar nampak lebih menarik. Misalnya,
penggabungan antara metode tutorial dengan pemecahan
masalah atau penemuan.
Program pembelajaran yang dirancang dengan
menggunakan komputer telah memainkan peranan yang sangat
penting. Dari berbagai studi tentang penggunaan komputer
sebagai media untuk menyampaikan materi pelajaran dalam
pembelajaran, cenderung disimpulkan bahwa belajar dengan
menggunakan program PBK akan lebih meningkatkan prestasi
belajar dibandingkan dengan paket pengajaran lainnya. (Nejad,
Chuang, dan Hwang dalam Surjono, H.D., 1999) Dalam studi
meta analisisnya terhadap hasil penelitian tentang efektifitas
program PBK selama 25 tahun, Kulik dkk. (dalam Surjono, H.D.,
1999) menyimpulkan bahwa: 1) peserta didik bela jar ban yak
materi dari komputer (melalui program PBK), 2) peserta didik
mengingat apa yang telah dipelajari melalui program PBK lebih
lama, 3) peserta didik membutuhkan waktu lebih sedikit, 4)
peserta didik betah berlama-lama di kelas, dan 5) mereka
memiliki sikap lebih positif terhadap komputer.
E. Program PBK Sebagai Alat Bantu Pembelajaran
Untuk Membimbing Proses Belajar
Kualitas pembelajaran selalu terkait dengan penggunaan
metode pembelajaran yang optimal untuk mencapai tujuan
pembelajaran. lni berarti, untuk mencapai kualitas pembelajaran
yang tinggi, materi pelajaran atau bahan ajar yang ingin
disampaikan kepada peserta didik harus diorganisasi dengan
strategi pengorganisasian yang tepat, kemudian disampaikan
kepada siswa dengan strategi penyampaian yang tepat pula.
279