Page 293 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 293

Krisnadi,  Pembelajaran  Berbantuan ....



           diberikan  pengguna  kepada  komputer},  sehingga  apa  yang
           dialami  seorang  peserta  didik  akan  berbeda  dengan  apa  yang
           dialami oleh peserta didik yang  lain (Alessi & Trollip dalam Elida &
           Nugroho,  2003).  Dengan  demikian  program  ini  juga  memiliki
           potensi  untuk  mengatur  kegiatan  pembelajaran  sesuai  dengan
           kebutuhan  peserta  didik  (Hanafin  &  Roblyer  dalam  Elida  &
           Nugroho,  2003).  Karena  program  pembelajaran  yang  dirancang
           menggunakan  komputer  dapat  pula  menyiapkan  bermacam-
           macam  umpan  balik,  umpan  balik  ini  diberikan  tergantung  pada
           respons yang diterima dan pengguna.
                  Selain   itu,   penggunaan   media   komputer   dalam
           menyampaikan  materi  pelajaran  dapat  mendekati  peserta  didik
           secara  positif,  serta  dapat  menilai  kemampuan  peserta  didik
           secara patut.  Semua kondisi tersebut memang mungkin dilakukan
           komputer,  karena komputer mempunyai kemampuan "menyimpan
           dan  memanipulasi  data  alfanumerik"  dan  "kepintaran"  yang
           sanggup menyajikan proses interaktif.


           F.  Penutup
                  Komputer  mampu  memberikan  informasi  atau  umpan
           balik  yang  berbeda  terhadap  setiap  respons  yang  diterima  dari
           pengguna  Kelebihan  ini  tentunya  dapat  dimanfaatkan  dalam
           menyusun  desain  program  PBK untuk  menyesuaikannya dengan
           kebutuhan  peserta  didik,  misalkan  untuk  membimbing  proses
           belajar.  Usaha  untuk  menyesuaikan  program  PBK  agar  dapat
           memberikan  informasi  yang  bermakna  dalam  pembelajaran
           kepada  peserta  didik  secara  individu,  merupakan  proses  yang
           amat penting dalam penyusunan desain program PBK.
                  Kesesuaian  materi  dan  proses  penyampaian  materi
           tersebut  dalam  program  PBK  akan  sangat  memotivasi  peserta
           didik  dalam  proses  pembelajaran  yang  sifatnya  mandiri.  Apabila



           284
   288   289   290   291   292   293   294   295   296   297   298