Page 293 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 293
Krisnadi, Pembelajaran Berbantuan ....
diberikan pengguna kepada komputer}, sehingga apa yang
dialami seorang peserta didik akan berbeda dengan apa yang
dialami oleh peserta didik yang lain (Alessi & Trollip dalam Elida &
Nugroho, 2003). Dengan demikian program ini juga memiliki
potensi untuk mengatur kegiatan pembelajaran sesuai dengan
kebutuhan peserta didik (Hanafin & Roblyer dalam Elida &
Nugroho, 2003). Karena program pembelajaran yang dirancang
menggunakan komputer dapat pula menyiapkan bermacam-
macam umpan balik, umpan balik ini diberikan tergantung pada
respons yang diterima dan pengguna.
Selain itu, penggunaan media komputer dalam
menyampaikan materi pelajaran dapat mendekati peserta didik
secara positif, serta dapat menilai kemampuan peserta didik
secara patut. Semua kondisi tersebut memang mungkin dilakukan
komputer, karena komputer mempunyai kemampuan "menyimpan
dan memanipulasi data alfanumerik" dan "kepintaran" yang
sanggup menyajikan proses interaktif.
F. Penutup
Komputer mampu memberikan informasi atau umpan
balik yang berbeda terhadap setiap respons yang diterima dari
pengguna Kelebihan ini tentunya dapat dimanfaatkan dalam
menyusun desain program PBK untuk menyesuaikannya dengan
kebutuhan peserta didik, misalkan untuk membimbing proses
belajar. Usaha untuk menyesuaikan program PBK agar dapat
memberikan informasi yang bermakna dalam pembelajaran
kepada peserta didik secara individu, merupakan proses yang
amat penting dalam penyusunan desain program PBK.
Kesesuaian materi dan proses penyampaian materi
tersebut dalam program PBK akan sangat memotivasi peserta
didik dalam proses pembelajaran yang sifatnya mandiri. Apabila
284