Page 298 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 298

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH


         mata  kuliah  praktikum,  mengalami  beberapa  kendala  dalam
         pelaksanaan  praktikum.  Hal  ini  terjadi  karena  Unit  Program
         Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) yang  tersebar di  34  kota  sampai saat
         ini  tidak  dilengkapi  dengan  laboratorium.  Di  samping  itu,  lokasi
         laboratorium yang  memiliki fasilitas peralatan maupun  bahan yang
         memadai  tidak  dapat  dijumpai  di  sembarang  tempat.  Namun
         demikian,  mahasiswa tetap  harus melakukan praktikum walaupun
         harus  menumpang  di  universitas  pembina  atau  di  laboratorium
         lain  yang  memiliki fasilitas yang memadai.
                Sehubungan  dengan  masalah  di  atas,  ada  beberapa
         pertanyaan  yang  mengusik  pikiran  penulis  dan  sekaligus
         menginspirasi  tulisan  ini.  Apakah  yang  dimaksudkan  dengan
         laboratorium kering (lab.  kering)? Apakah manfaat lab.  kering bagi
         pembelajaran   IPA?   Apakah    kelebihan-kelebihan   maupun
         kelemahan-kelemahan  dari  lab.  kering  dalam  pembelajaran  IPA,
         terutama bagi  institusi  yang  menerapkan sistem  belajar jarak jauh
         (SBJJ)  seperti  yang  diterapkan  oleh  Universitas  Terbuka?
         Bagaimanakah  hubungan  antara  lab.  kering  dengan  laboratorium
         basah  (lab.  basah)?  Tulisan  ini  mencoba  untuk  menemukan
         jawaban,  namun  sebelum  menjawab  pertanyaan-pertanyaan
         tersebut,   terlebih   dahulu   akan   dibahas   tentang   media
         pembelajaran berbasis komputer.



         A.  Media Pembelajaran Berbasis Komputer
                Brigg,  et  al.  (1970),  dalam  Rohani  (1997),  menyebutkan
         bahwa  media  adalah  segala  alat  fisik  yang  dapat  menyajikan
         pesan  yang  sesuai  untuk  belajar,  misalnya  media  cetak,  dan
         media  elektronik.   Media  telah  lama  dimengerti  sebagai  alat
         komunikasi   yang   digunakan   untuk  menyampaikan    suatu
         informasi.   Apabila  media  ini   dikaitkan  dengan  kegiatan
         pembelajaran,  dapat  diartikan  bahwa  media  adalah  alat




                                                                 289
   293   294   295   296   297   298   299   300   301   302   303