Page 300 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 300
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
• simulasi,
• penemuan, serta
• pemecahan masalah.
Media pembelajaran berbasis komputer untuk mahasiswa
yang melakukan praktikum, untuk selanjutnya disebut lab. kering.
Melalui media ini disajikan program simulasi yang melibatkan
mahasiswa dalam persoalan yang mirip dengan situasi yang
sebenarnya dalam lab. basah, Melalui program simulasi, peserta
didik diajak untuk membuat keputusan yang tepat dari beberapa
alternatif pemecahan masalah yang ada.
Salah satu pertimbangan dalam menentukan media
pembelajaran yang akan digunakan dalam SBJJ adalah faktor
akses terhadap media. Akses terhadap media tersebut harus
melihat sisi institusi penyelenggara SBJJ dan sisi peserta
didik/calon peserta didik. Untuk mempermudah akses dalam
menggunakan media komputer, diperlukan sebuah jaringan
komputer yang memungkinkan proses belajar menjadi lebih luas.
lebih interaktif, dan lebih fleksibel. Dengan memanfaatkan
jaringan komputer atau yang lebih dikenal dengan istilah internet.
lab kering dapat lebih mudah diakses oleh peserta didik yang
jaraknya jauh dari laboratorium.
Tampaknya kehadiran teknologi informasi tersebut telah
mengubah pandangan masyarakat terhadap dunia pendidikan
khususnya dunia pendidikan tinggi Arief S. Sadiman (1997).
mengatakan bahwa persebaran tempat pendidikan dan
pembelajaran akan semakin tampak, karena pendidikan dan
pembelajaran dapat dilakukan di mana saja. Malahan akan makin
marak dengan adanya kampus tanpa dinding Perpustakaan
sebagai jantung lembaga pendidikan selama ini kemungkinan
tidak perlu lagi seperti kondisinya sekarang, dengan koleksi buku-
buku dan sumber lainnya yang secara fisik terpajang.
291