Page 305 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 305
Budiastra dan Purwoningslh, Laboratorium Kering ....
hipotesis atau dalil baru; d) melakukan percobaan dengan
tujuan untuk memperoleh data untuk menguji kebenaran
hipotesis atau dalil baru; dan e) menarik simpulan.
Bila kita perhatikan, kegiatan laboratorium mengarahkan
siswa atau mahasiswa untuk mengenal atau dapat mengikuti
bagaimana ilmuwan melakukan penelitian yang dikenal sebagai
proses ilmiah. Dalam diagram berikut, langkah-langkah yang
ditempuh seseorang digambarkan sebagai berikut: 1) proses
ilmiah dimulai dengan sebuah konsep awal sebagai bagian dari
ilmu pengetahuan; 2) ilmuwan menjadi sadar bahwa situasi baru
tidak cocok dengan konsep yang telah mereka miliki; 3) ilmuwan
mengisolasi beberapa permasalahan; 4) kemudian dilanjutkan
dengan perumusan hipotesis; 5) hal ini memungkinkan untuk
melakukan kegiatan seperti membaca buku referensi, diskusi,
melakukan pertemuan, observasi, membuat spekulasi; 6)
selanjutnya mengarah pada mendesain suatu penyelidikan untuk
menguji hipotesis; 7) hal ini memungkinkan untuk melakukan
kegiatan seperti membaca buku referensi, diskusi, melakukan
pertemuan, observasi, membuat spekulasi; 8) mengarahkan pada
kegiatan untuk membuat desain terhadap perbaikan dari hasil
penyelidikan yang telah dilakukan; 9) konsep yang ada mungkin
saja tidak sesuai lagi dengan situasi yang lainnya sehingga perlu
dikaji ulang; 10) hal ini akan mengarahkan pada permasalahan
baru; 11) selanjutnya akan mengarahkan pada perumusan ulang
dari hipotesis; 12) proses akan berulang dengan melakukan
kegiatan seperti membaca buku referensi, diskusi, melakukan
pertemuan, observasi, membuat spekulasi, dan seterusnya.
296